3 Cara Membuat Masker Kunyit untuk Hilangkan Flek dan Jerawat

Siapapun orangnya tentu akan mendambakan kulit wajah yang bersih, segar, serta sehat. Untuk mendapatkan hal tersebut tentu Anda akan melakukan apapun, baik perawatan dengan dokter ataupun secara alami, dengan menggunakan masker misalnya. 

Masker wajah tentu memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan kulit wajah, seperti masker kunyit yang berfungsi untuk menghilangkan flek hitam dan jerawat. Nah, berikut ada tiga cara membuat masker kunyit yang bermanfaat untuk emnghilangkan flek hitam serta jerawat. 

  1. Masker kunyit untuk jerawat

Bahan:

  • 2 sendok makan bubuk kunyit
  • 1 sendok makan tepung beras 
  • 2 sendok makan yogurt atau susu (untuk kulit berminyak) atau minyak zaitun, minyak kelapa, atau almond (untuk kulit kering)
  • 1 sendok makan madu

Madu memiliki sifat anti-inflamasi anti mikroba alami, tetapi juga mampu membuat kelembapan pada  kulit Anda. Sehingga tidak membuat kering kulit saat sedang melawan dan menenangkan jerawat Anda. 

Meskipun resep ini menggunakan minyak atau yogurt, namun Anda hanya perlu menggunakan produk susu jika berurusan dengan jerawat. Setelah diaduk semua bahan hingga rata, maka gunakan masker langsung pada wajah. Setelah itu, diamkan selama 15-20 menit. Setelah kering, lalu bilas dengan pembersih wajah Anda. Lalu keringkan dengan handuk lembut dan gunakan pelembap setelahnya.

  1. Masker wajah kunyit unyuk melawan jerawat dan memudarkan flek hitam

Bahan:

  • 2 sendok makan tepung terigu
  • 1 sendok teh bubuk kunyit
  • 1 sendok makan minyak almond
  • 3 sendok makan susu

Perlu Anda ketahui, kunyit kemungkinan besar bisa menodai wajah Anda, jadi gunakan hanya pada bagian yang akan dirawat saja. nah, pada masker kali ini satu sendok minyak almon adalah yang akan membuat Anda bebas dari noda hitam bekas jerawat, dan bonusnya akan membantu melembutkan serta menenangkan kulit yang iritasi (karena kandungan vitamin E). Campur semua bahan sampai halus dan lembut, namun tidak terlalu encer. Lalu oleskan pada wajah Anda, dan biarkan selama 15 menit. Setelah itu, cilas hingga bersih. 

  1. Masker kunyit untuk menennagkan kulit sensitif

Bahan:

  • 1 sendok teh kunyit bubuk
  • ½ sendok teh gel lidah buaya
  • 1 sendok teh air mawar

Cara membuat masker kunyit kali ini adalah dengan mencampur menggunakan lidah buaya. Masker wajah kunyit ini sangat ampuh bagi kulit sensitif, terlebih lagi campuran gel lidah buaya yang dapat menenangkan kulit kemerahan dan iritasi. Sedangkan air mawar merupakan anti inflamasi alami yang baik bagi kulit wajah. 

Campurkan semua bahan pada satu wadah, setelah itu Anda bisa langsung mengoleskan masker pada wajah. Lalu diamkan selama 10 menit, lalu bilas. Jika Anda khawatir akan meninggalkan bekas, oleskan pelembab setelah Anda bilas, atau tambahkan beberapa tetes minyak ke dalam masker sebelum mengoleskannya. 

Kunyit sudah lama dianggap menjadi makanan super yang bermanfaat bagi kesehatan, karena kunyit mengandung antioksidan yang baik bagi kulit. Pun kunyit memiliki sifat anti peradangan yang dapat membantu meredakan kemerahan, mengurangi munculnya bekas luka, mencerahkan kulit, dan bahkan memabntu melawan jerawat. 

Oleh karena itu, beberapa cara membuat masker kunyit di atas diharapkan dapat membantu Anda mengatasi beberapa masalah pada kulit wajah secara alami. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan kulit wajah yang sehat, lebih cerah dan bebas flek bekas jerawat. 

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*