9 Obat Penumbuh Rambut yang Paling Ampuh Mengatasi Rontok

Kerontokan atau penipisan rambut kerap menjadi keluhan banyak orang. Gaya hidup yang serba modern, paparan polusi dan penggunaan produk perawatan rambut berbahan kimia bisa menyebabkan rambut rentan menipis. Tidak perlu khawatir, saat ini ada banyak obat penumbuh rambut alami atapun kimia yang bisa Anda jadikan solusi untuk mengatasi kerontokan.

Tetapi tentu saja, pertumbuhan rambut seseorang juga bergantung pada banyak faktor, termasuk faktor genetik atau keturunan. Selain itu, apabila kerontokal rambut terjadi karena kondisi medis tertentu, coba konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter sebelum mencoba obat penumbuh rambut.

Obat penumbuh rambut

Berikut ini beberapa obat penumbuh rambut yang bisa Anda coba:

  1. Minyak kelapa

Salah satu obat penumbuh rambut yang bisa mengembalikan hilangnya protein dari rambut rusak adalah minyak kelapa. Kandungan asam laurat pada minyak kelapa mampu memperbaiki tingkat kelembapan kulit kepala dan juga rambut.

Obat penumbuh rambut yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang kerap menggunakan produk perawatan rambut kimia. Caranya adalah dengan memijat kelapa dengan 2 sendok makan. Diamkan selama 1 jam sebelum membilasnya dengan sampo lembut.

  • Yogurt

Tidak hanya lezat dan sehat, ternyata yogurt juga bisa menjadi obat penumbuh rambut. Kandungan probiotik yang ada dalam yogurt bisa merangsang pertumbuhan rambut dan mencegah kerusakan rambut. Jadi, konsumsi satu porsi yogurt setiap hari bisa menjaga kesehatan rambut.

  • Ekstrak bawang putih

Walapun baunya terlalu kuat, tapi ekstrak bawang putih juga ampuh sebagai obat penumbuh rambut. Kandungan fitokimia yang terdapat pada esktrak bawang putih mampu merangsang pertumbuhan rambut. 

Caranya, ambil sari-sari bawang putih dan aplikasikasikan ke kulit kepala. Diamkan sealam 1 jam sebelum membilasnya dengan sampo. Anda bisa melakukan cara ini setidaknya 2 kali dalam sepekan untuk mencegah rambut rontok.

  • Teh hijau

Tidak hanya kaya antioksidan dan baik untuk kesehatan, teh hijau juga bisa merangsang pertumbuhan rambut. Kandungan bioktif dalam teh hijau bisa mengurangi risiko kerontokan rambut. Teh hijau ini bisa Anda konsumsi 1-2 kali dalam sehari. Namun apabila Anda mengonsumsi obat pengencer darah, sabaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter untuk menghindari efek samping.

  • Ginseng

Sejak lama, ginseng selalu menjadi bahan alami perawatan rambut termasuk sebagai obat penumbuhan rambut. Kandungan dalam ginseng bisa merangsang pertumbuhan rambut. Caranya adalah dengan memijat kulit kepala dengan beberapa sendok makan ginseng. Kemudian, diamkan selama 1 jam dan bilas dngan sampo. Anda bisa melakukan cara ini dua kali dalam seminggu.

  • Lemon

obat penumbuh rambut dari bahan alami berikutnya adalah lemon. Caranya, aplikasikan perasan lemon pada kulit kepala 15 menit sebelum mencuci rambut. Kandungan yang terdapat pada lemon dapat mempercepat pertumbuhan rambut.

  • Kopi

Kandungan kafien dalam kopi juga bisa menjadi obat penumbuh rambut yang alami. Selain itu, kafein juga bisa memperkuat rambut sehingga bisa tumbuh lebih Panjang. Caranya adalah dengan mengonsumsi kopi setidaknya satu kali sehari.

  • Minoxidil

Kandungan kimia yang bisa menjadi obat penumbuh rambut biasanya adalah minoxidil. Rata-rata produk penumbuhan rambut yang dijual di pasaran mengandung 5% minoxidil dan bisa digunakan oleh laki-laki maupun perempuan. Namun terkadang ada reaksi alergi akibat minoxidil.

  • Finasteride

Kerontokan rambut yang disebabkan karena autoimun terhadap folikel biasanya diatas dengan finasteride. Tentunya, konsumsi obat penumbuh rambut yang mengandung finasteride harus atas persetujuan dokter.

Selain itu, pastikan tubuh tetap terhidrasi untuk mencegah rasa gatal atau kering pada kulit kepala. Mengonsumsi makanan yang akan asam lemak omega-3 juga bisa mencegah kerontokan.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*