Hidup Sehat

Berkat Teh Hijau, Minum Teh Setelah Makan Menyehatkan

Apabila Anda ingin menurunkan berat badan, memilih minuman yang tepat sama pentingnya dengan memilih makanan yang sehat. Misalnya saja, Anda ingin mengganti minuman berkalori tinggi dengan minuman yang rendah kalori seperti teh hijau. Teh hijau juga memiliki manfaat kesehatan tambahan lainnya dalam mengurangi berat badan. Namun, untuk benar-benar mengurangi berat badan dalam jumlah yang signigikan, minum teh hijau saja tidak cukup. Anda bisa minum teh hijau setelah makan. Namun, agar bisa mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal, ada baiknya meminumnya sebelum makan. Artikel ini akan membahas manfaat teh hijau dalam menurunkan berat badan, sekaligus fungsinya dalam meningkatkan fungsi metabolisme.

Menurut studi yang diterbitkan di Jurnal Kampus Nutrisi Amerika 2010, meminum empat cangkir teh hijau atau 4 cangkir air yang dicampur ekstrak teh hijau dapat membantu mereka yang menderita obesitas dalam menurunkan berat badan. Mereka yang minum teh setelah makan dapat menurunkan berat badan lebih dari 2 kg dalam studi yang dilakukan selama 8 minggu tersebut dibandingkan dengan mereka yang hanya meminum air putih. Sementara itu, mereka yang mengonsumsi ekstrak teh hijau mengalami penurunan berat badan sebesar 1.5 kg. Hal ini mungkin disebabkan karena kandungan EGCG, sebuah zat yang ditemukan di dalam teh hijau yang diklasifikasikan sebagai katekin.

Mengonsumsi katekin yang banyak ditemukan di dalam teh hijau dapat membantu wanita dalam menurunkan berat badan dan menghilangkan lemak tubuh, termasuk lemak perut, menurut studi yang diterbitkan di jurnal Obesitas pada bulan Juni 2017. Studi lain yang diterbitkan pada Penelitian Obesitas tahun 2005 menemukan bahwa campuran kafein dan EGCG dalam teh hijau dapat membantu meningkatkan metabolisme dan proses pembakaran lemak, sehingga dapat mengurangi berat badan dan lemak, dibandingkan dengan mengonsumsi placebo. Artikel ulasan yang diterbitkan pada Jurnal Nutrisi Biokimia pada bulan Januari 2011 menunjukkan bahwa kafein dan katekin dapat bekerja secara sinergis yang masing-masing meningkatkan potensi manfaat mengurangi berat badan satu sama lain.

Namun, Anda harus menemukan waktu meminum teh hijau yang tepat. Akan lebih baik apabila Anda tidak meminum teh hijau di waktu yang bersamaan dengan mengonsumsi produk-produk yang terbuat dari susu karena susu dapat menghambat efek teh hijau dalam manfaatnya terhadap metabolisme tubuh. Walaupun minum teh setelah makan masih menyediakan manfaat kesehatan berupa kafein dan katekin yang dapat mengurangi berat badan, akan lebih baik apabila Anda minum teh hijau sebelum makan. Meminum teh hijau sebelum makan dapat membuat Anda merasa kenyang sehingga Anda akan makan dalam porsi yang sedikit. Menurut studi pada obesitas yang diterbitkan tahun 2011, bahkan meminum air putih biasa sebelum makan dapat membantu mengurangi berat badan. Meskipun Anda bisa minum teh setelah makan (khusus teh hijau), Anda tetap harus melakukan olahraga guna meningkatkan efek penurunan berat badan. Olahraga penting terutama ketika Anda mencoba menurunkan berat badan, karena dengan bersamaan minum teh hijau, lemak akan berkurang dan tubuh dapat membantu mengurangi otot yang hilang. Studi yang diterbitkan dalam Jurnal Nutrisi tahun 2009 menemukan bahwa kombinasi olahraga setidaknya 180 menit per minggu dan minum teh hijua dapat mengurangi lemak perut jika dibandingkan dengan olahraga saja. Seperti yang kita tahu, lemak perut adalah salah satu jenis lemak paling berbahaya karena dapat meningkatkan risiko beberapa penyakit serius seperti diabetes tipe 2 dan juga penyakit jantung.

Tags: ,

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*