Olahraga

Cara Turunkan Berat Badan dengan Olahraga Pembakar Lemak Rekomendasi

Banyak orang melakukan berbagai cara untuk menurunkan berat badan, termasuk mempraktikkan olahraga pembakar lemak yang dipercaya ampuh untuk mencapai tujuan ini. Tentunya, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda juga perlu mengimbangi latihan fisik ini dengan pola makan sehat sehari-hari.

Rekomendasi olahraga pembakar lemak

Kira-kira, apa saja olahraga pembakar lemak yang direkomendasikan? Berikut pilihannya hanya untuk Anda.

1. Jogging dan lari

Kegiatan olahraga, seperti jogging dan lari diyakini mampu mengurangi berat badan secara efektif jika dilakukan secara rutin. Serupa tapi tak sama, kegiatan jogging dilakukan dengan bergerak dalam kecepatan 6,4-9,7 kilometer/jam, sedangkan, kegiatan fisik lari dilakukan di atas kecepatan 9,7 km/jam. 

Kegiatan fisik ini dipercaya dapat secara signifikan membakar lemak viseral yang membahayakan tubuh. Anda dapat melakukan olahraga ini dengan durasi 20-30 menit untuk intensitas 3-4 kali dalam seminggu.

2. Jalan kaki

Jangan menyepelekan kegiatan fisik yang satu ini. Memang terkesan sangat mudah dan siapapun dapat melakukannya, namun ternyata jalan kaki termasuk salah satu olahraga pembakar lemak yang banyak direkomendasikan.

Berdasarkan Harvard Health, seseorang yang memiliki berat 70 kg dapat membakar kalori sekitar 167 melalui kegiatan fisik berjalan dengan kecepatan sedang.

Brisk walking, yaitu berjalan kaki cepat juga diketahui efektif membakar lemak dalam perut atau lemak viseral. Kegiatan fisik ini dapat dilakukan dalam durasi 30 menit untuk 3-4 kali dalam seminggu. Di luar itu, Anda dapat menyesuaikan intensitas dan durasi jalan kaki sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

3. Latihan interval

Apakah Anda pernah mendengar latihan interval? Disebut juga dengan latihan HIIT, latihan interval dilakukan dengan mengombinasikan berbagai gerakan fisik. Caranya, dengan melakukan latihan intensitas tinggi lalu dilanjut dengan intensitas rendah.

Sebagai contoh, Anda dapat melakukan latihan fisik berlari secara lambat sebagai pemanasan, lalu dilanjutkan lari cepat atau sprint selama 15 detik. Selanjutnya, Anda dapat kembali berjalan atau berlari lambat untuk 1-2 menit. Lakukan dan ulangi pola ini untuk 10-20 menit.

Latihan interval dilaporkan mampu membakar kalori lebih banyak selama satu menit jika dibanding dengan latihan fisik, seperti angkat beban, bersepeda, bahkan berlari di treadmill. Kegunaan dari latihan interval ini dapat membakar lemak di sekitar area perut.

4. Yoga

Yoga adalah salah satu jenis olahraga yang terkesan memiliki gerakan lambat. Namun, olahraga yoga diketahui dapat menjadi salah satu rekomendasi olahraga pembakar lemak. Diketahui bahwa seorang individu dengan berat 70 kg dapat membakar kalori hingga 149 dengan melakukan yoga selama 30 menit.

Di samping melatih fisik, yoga juga baik untuk menerapkan praktik mindfulness yang nantinya dapat membantu Anda untuk mengontrol impuls untuk menghindari mengonsumsi makanan dalam jumlah yang banyak.

5. Berenang

Berenang juga termasuk ke dalam olahraga pembakar lemak. Seseorang yang memiliki berat sekitar 70 kg mampu membakar kalori dalam tubuhnya hingga 233 setelah melakukan olahraga renang selama 30 menit.

Perbedaan gaya renang yang Anda praktikkan akan berpengaruh terhadap jumlah kalori yang terbakar. Sebagai contoh, gaya kupu-kupu mampu membakar kalori paling banyak jika dibanding dengan gaya renang lainnya, seperti treading water, gaya dada, dan gaya punggung.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*