Ciri-Ciri pistanthrophobia

Pistanthrophobia adalah fobia akan disakiti oleh seseorang dalam hubungan romantis.

Fobia sendiri adalah jenis gangguan kecemasan yang muncul sebagai ketakutan yang terus-menerus, tidak rasional, dan berlebihan tentang seseorang, aktivitas, situasi, hewan, atau objek.

Pistanthrophobia adalah rasa takut mempercayai orang lain dan sering kali merupakan akibat dari mengalami kekecewaan yang serius atau akhir yang menyakitkan dari hubungan sebelumnya.

Jadi, bagaimana Anda tahu jika Anda adalah orang yang memiliki fobia ini? Berikut beberapa ciri pistanthrophobia:

  • Berasumsi bahwa setiap orang yang Anda temui akan menyakiti Anda

Anda tampak berpikir bahwa setiap orang di dunia ini jahat dan mereka semua berniat untuk menyakiti Anda.

  • Merasa tidak mungkin memiliki hubungan yang bisa membuat Anda bahagia

Seolah-olah Anda selalu mengharapkan sesuatu yang tidak beres, Anda selalu mencari hal-hal untuk dikecewakan. Seperti Anda yakin bahwa kebahagiaan adalah kemustahilan yang benar-benar tidak dapat dicapai karena banyak hal buruk yang telah terjadi dalam hidup Anda.

  • Selalu curiga terhadap orang yang Anda temui

Anda selalu berpikir bahwa orang yang Anda temui tidak tulus.  

  • Meragukan apa pun yang dikatakan orang lain

Otak Anda secara alami cenderung menganggap semua yang dikatakan orang lain kepada Anda sebagai kebohongan. Sehingga Anda hanya memperlakukan setiap orang sebagai individu yang tidak jujur.

  • Cemburu, bahkan untuk hal-hal kecil

Anda merasa begitu tidak aman tentang tempat Anda dalam sebuah hubungan romantis, sehingga Anda menjadi sangat mudah cemburu.

  • Menginginkan kepastian secara terus-menerus dalam hubungan Anda

Anda selalu butuh pasangan Anda untuk mengingatkan Anda betapa mereka mencintai Anda. Anda selalu meminta mereka untuk memberi tahu Anda bahwa mereka tidak akan menyakiti Anda.

  • Menuntut terlalu banyak dan terlalu cepat dalam hubungan

Anda cenderung ingin menguncinya sehingga Anda tahu bahwa dia tidak akan pernah menyakiti atau meninggalkan Anda.  

Seperti fobia lainnya, pistanthrophobia biasanya dipicu oleh seseorang atau peristiwa dalam kehidupan Anda.

Banyak orang memiliki pengalaman buruk dengan hubungan masa lalu di mana mereka merasa sangat terluka, dikhianati, atau ditolak. Akibatnya, mereka hidup dalam ketakutan akan pengalaman serupa, yang menyebabkan mereka menghindari semua hubungan.

Mengatasi masalah mendasar yang memicu fobia mungkin merupakan hal yang tidak nyaman, namun pada saatnya Anda dapat mempelajari cara baru untuk mempercayai orang dan memasuki hubungan yang sehat.

Fobia seperti pistanthrophobia dapat mengganggu kemampuan Anda untuk menjalin hubungan asmara dengan orang lain. Oleh karena itu, segera berkonsultasi dengan dokter jika Anda merasa memiliki fobia ini.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*