Penyakit

Gejala dan Jenis Artritis Psoriatika

Artritis psoriatika (PsA) merupakan sebuah kondisi yang mengkombinasikan persendian nyeri dan bengkak dengan psoriasis. Psoriasis biasanya menyebabkan bercak merah gatal muncul di kulit dan kulit kepala. Sekitar 7,5 juta warga Amerika memiliki psoriasis, dan 30 persen di antaranya menderita artritis psoriatika. Artritis psoriatika dapat bersifat ringan atau parah, dan dapat melibatkan banyak persendian. Artikel ini akan membahas gejala dan jenis-jenis artritis psoriatika. 

Gejala PsA

Gejala artritis psoriatika (PsA) berbeda-beda dari satu orang ke orang yang lain. Gejala tersebut dapat bersifat ringan hingga parah. Terkadang, kondisi Anda berkurang dan Anda akan merasa lebih baik untuk sementara waktu. Namun, di waktu lain, gejala dapat berubah menjadi lebih parah. Gejala yang Anda alami juga sangat bergantung pada jenis artritis psoriatika apa yang Anda miliki, namun gejala umum PsA di antaranya adalah sendi yang bengkak dan lembut di satu atau kedua sisi tubuh; kaku di pagi hari; jari tangan dan kaki yang bengkak; nyeri otot dan tendon; bercak kulit yang bersisik, yang dapat bertambah parah saat persendian kambuh; kulit kepala bersisik; mata memerah; dan mata sakit (uveitis).

Jenis-jenis artritis psoriatika

Ada lima jenis artritis psoriatika, yaitu:

  • PsA simetris

Jenis ini memengaruhi sendi yang sama pada kedua sisi tubuh, contohnya pada kedua lutut kanan dan kiri. Gejala yang dirasakan sama dengan rheumatoid arthritis (RA). PsA simetris cenderung bersifat lebih ringan dan menyebabkan sedikit deformitas sendi dibandingkan dengan RA. Akan tetapi, PsA simetris juga dapat mengganggu pergerakan. Sekitar setengah dari orang-orang yang menderita PsA memiliki PsA jenis ini. 

  • PsA asimetris

Jenis ini memengaruhi satu atau lebih persendian di satu sisi tubuh. Persendian Anda dapat terasa nyeri dan berubah warna menjadi merah. PsA asimetris umumnya bersifat ringan, dan memengaruhi sekitar 35 persen dari orang-orang yang memiliki artritis psoriatika

  • Distal interphalangeal predominant PsA

Jenis ini melibatkan persendian yang paling dekat dengan kuku Anda, yang dikenal dengan sendi distal. PsA jenis ini terjadi pada 10 persen orang-orang penderita artritis psoriatika. 

  • Spondylitis PsA

PsA jenis ini melibatkan tulang punggung. Seluruh bagian tulang punggung, mulai dari leher hingga punggung bawah, dapat terkena kondisi ini. Hal ini dapat menyebabkan bergerak menjadi sebuah aktivitas yang menyakitkan. Tangan, kaki, dan panggul juga dapat terkena kondisi ini. 

  • Artritis psoriatika mutilans

Ini merupakan PsA jenis cacat dan parah. Sekitar 5 persen orang-orang yang menderita PsA memiliki jenis ini. Artritis psoriatika mutilans biasanya memengaruhi tangan dan kaki. Kondisi ini juga dapat menyebabkan rasa nyeri pada leher dan punggung bawah. 

Dalam kasus artritis psoriatika, sistem kekebalan tubuh Anda menyerang persendian dan kulit. Dokter belum tahu benar apa yang menyebabkan serangan tersebut, namun mereka berteori bahwa hal ini disebabkan karena kombinasi antara faktor genetik dan lingkungan. PsA merupakan penyakit bawaan. Sekitar 40 persen orang-orang yang memiliki kondisi ini juga memiliki relatif atau anggota keluarga yang menderita PsA. Sesuatu di lingkungan biasanya memicu penyakit bagi mereka yang memiliki tendensi mengembangkan PsA, entah itu virus, stres yang ekstrim, ataupun cidera fisik. Harapan pulih dari PsA berbeda-beda, tergantung seberapa parah kondisi yang Anda miliki. Semakin parah PsA, semakin sulit bagi Anda untuk bergerak. Untuk meningkatkan harapan tersebut, ikuti rencana perawatan yang dokter rekomendasikan.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*