Hidup Sehat

Mengetahui Manfaat Sereh untuk Penderita Insomnia

Sereh atau disebut juga citronella dapat digunakan sebagai bahan tradisional untuk membantu tidur, mengurangi stres, dan meningkatkan mood. Manfaat sereh bisa didapatkan dalam olahan teh maupun sebagai aromaterapi. Bagi penderita insomnia, menghirup aroma sereh yang menenangkan dipercaya mampu mempercepat proses tidur. 

Mengapa sereh baik untuk penderita insomnia?

Insomnia merupakan gangguan tidur yang sering terjadi pada orang dewasa. Tak hanya itu, penderita insomnia memiliki kualitas tidur yang buruk Biasanya, seseorang dikatakan menderita insomnia jika mengalami kesulitan tidur setidaknya 3 malam dalam seminggu selama minimal 3 bulan. Masing-masing penderita memiliki penyebab yang berbeda-beda, beberapa diantaranya karena stres, cemas, dan rasa sakit fisik yang sedang dirasakan.

Faktanya, beberapa studi menunjukkan bahwa manfaat sereh sebagai aromaterapi diantaranya untuk meringankan stres dan kecemasan. Perpaduan antara aromaterapi dan pijat akan memberikan manfaat yang lebih.

Menurut Journal of Health Research, responden yang menggunakan minyak sereh dan minyak almond untuk pijat sekali dalam seminggu selama minimal 3 minggu mampu menurunkan tekanan darah diastol sehingga berpengaruh terhadap tingkat stres seseorang.

Apabila insomnia disebabkan karena penderita menahan rasa sakit maka aromaterapi stres juga mampu membantu meredakan nyeri yang disebabkan peradangan. Sebuah studi lainnya yang diterbitkan oleh Journal of Pharmaceutical Sciences and Research menunjukkan, minyak sereh dapat meredakan nyeri persendian yang dialami pendeita rheumatoid athritis. Rasa nyeri akan berkurang perlahan selama 30 hari dengan persentase kesakitan yang awalnya 80% menjadi 50%.

Sereh juga bisa diolah dalam bentuk minuman hangat seperti teh. Efek sedatif teh sereh akan meningkatkan suasana hati dan mengurangi kecemasan. Senyawa di dalamnya membantu menurunkan hormon stres serta mencegah pembentukan stres kembali.     

Cara membuat teh sereh

Minuman ini bisa dibuat sendiri di rumah. Sereh banyak ditemukan di pasar tradisional, supermarket, serta dapat dibidudayakan dengan mudah. Berikut ini cara membuat tehs sereh:

  • Rebus 1 gelas air dan matikan api
  • Potong batang sereh sepanjang 1-2 inchi
  • Masukkan batang sereh ke dalam air hasil rebusan
  • Diamkan selama 5 menit
  • Ambil dan buang batang sereh
  • Sajikan ke dalam gelas

Anda juga bisa menambahkan es untuk membuatnya lebih segar. Kebiasan sehat mengonsumsi teh sereh setiap hari cukup dimulai dengan 1 gelas untuk 1 hari dan dapat ditingkatkan pada hari-hari selanjutnya.

Tips menggunakan sereh sebagai aromaterapi

Pada dasarnya, tidak ada aturan standar mengenai penggunaan sereh sebagai aromaterapi. Mayoritas penelitian dilakukan pada hewan sehingga efeknya mungkin akan berbeda jika diaplikasikan ke manusia.

Untuk membuat aromaterapi, gunakan 12 tetes minyak esensial sereh kemudian campurkan ke dalam bak mandi atau sebagai minyak pijat. Anda juga bisa menambahkan minyak esensial lainnya seperti minyak kelapa, minyak almond, atau minyak jojoba. Akan lebih baik, jika Anda melakukan uji sederhana untuk menghindari reaksi alergi pada kulit. Berikut cara-cara yang bisa dilakukan:

  • Basuh siku bagian dalam menggunakan sabun yang tidak mengandung pewangi dan keringkan
  • Oleskan beberapa tetes minyak sereh dan minyak esensial lain yang akan dijadikan aromaterapi
  • Balut area yang ditetesi dan tunggu hasilnya setelah 24 jam

Apabila kulit berubah menjadi kemerahan, panas, gatal, atau gejala iritasi lainnya maka basuh kembali kulit Anda dan jangan gunakan sebagai aromaterapi. Namun, jika tidak ada reaksi apapun, minyak esensial aman digunakan.

Anda juga bisa menggunakan minyak sereh sebagai aromatepi dengan cara menambahkan beberapa tetes ke kapas atau sapu tangan kemudian hirup perlahan. Selain untuk mempercepat tidur, beberapa orang melakukan ini untuk meringankan sakit kepala.

Read More
Hidup Sehat

Tanpa Kacamata Malam Anti Silau, Begini Cara Aman Berkendara di Malam Hari

Nyctalopia (rabun senja) atau kurangnya kemampuan mata melihat dengan baik di malam hari adalah kondisi yang bisa menyerang siapa saja. Kondisi ini akan lebih mengganggu apabila Anda sering berkendara di malam hari.

Banyak orang dengan kondisi ini memilih kacamata malam anti silau sebagai alat bantu berkendara yang aman. Didesain dengan lensa berwarna kuning dan teknologi canggih, kacamata ini diklaim mampu meningkatkan penglihatan dalam segala kondisi pencahayaan, terutama malam hari.

Cara kerja kacamata malam anti silau

Kacamata malam awalnya diproduksi untuk para pemburu sebagai kacamata tembak. Kacamata ini populer karena terbukti dapat mempertajam kontras burung terbang ketika langit dalam keadaan mendung atau berawan.

Seiring perkembangan waktu, kacamata ini mulai dipasarkan sebagai kacamata mengemudi. Masih dengan lensa berwarna kuning, beberapa diantaranya dilapisi dengan lapisan anti-reflektif (AR) atau dipolarisasi.

Kacamata malam anti silau mengurangi silau dengan cara menyebarkan dan menyaring cahaya biru. Cahaya biru memiliki panjang gelombang terpendek dengan energi terbesar, sehingga cenderung menyebabkan silau saat memasuki mata.

Kacamata mengendarai ini dijual bebas dan memiliki kualitas yang berbeda-beda. Dulu ukurannya bisa lebih besar dari kacamata pada umumnya, dan lebih mirip seperti kacamata pengaman. Namun sekarang banyak kacamata malam yang lebih trendi dengan desain yang menarik.

Anda bisa mendapatkan kacamata ini tanpa memerlukan resep dokter.

Bukannya aman, kacamata malam justru membahayakan

Sayangnya penggunaan kacamata malam anti silau justru membahayakan. Semakin gelap lensa kacamata malam, maka semakin banyak cahaya yang dicegah masuk ke mata. Hal ini dapat mengurangi visibilitas dalam kondisi minim cahaya.

Pada sebuah studi kecil tahun 2019 yang diterbitkan di jurnal JAMA Network membuktikan bahwa penggunaan kacamata malam tidak meningkatkan visibilitas terhadap pejalan kaki maupun mengurangi silau di malam hari.

Kacamata mengemudi malam justru memperlambat refleks visual sepersekian detik, membuat penglihatan di malam hari semakin memburuk, dan berpotensi membahayakan.

Menggunakan kacamata mengemudi di siang hari mungkin bisa membantu, tapi menggunakannya di malam hari bukan saran yang bagus.

Cara aman berkendara di malam hari

Dibandingkan membeli kacamata malam anti silau, ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk membantu meningkatkan keamanan saat berkendara di malam hari:

  • Lakukan pemeriksaan mata secara rutin untuk mengetahui kondisi mata Anda

Pada beberapa kasus penurunan penglihatan di malam hari disebabkan oleh mata rabun dan astigmatisma sehingga penting untuk selalu memperbarui resep kacamata. Pilihlah lensa kacamata berwarna bening.

  • Minta tambahan lapisan anti-reflektif pada kacamata Anda

Umumnya lensa kacamata memantulkan cahaya yang diterima. Menggunakan lensa anti-reflektif atau anti-silau akan mencegah pantulan cahaya dan membuat cahaya yang diterima mata jadi lebih banyak. Hal ini akan meningkatkan kemampuan penglihatan Anda.

  • Selalu bersihkan lensa kacamata sebelum mengemudi

Noda dapat memperkuat silau sekaligus membuat penglihatan Anda tampak buram. Penting untuk membersihkan lensa kacamata dengan lap dan cairan pembersih khusus.

  • Pastikan kaca depan mobil bebas dari noda

Sama halnya dengan lensa kacamata, noda yang menempel pada kaca mobil dapat memperburuk penglihatan Anda. Bersihkan bagian luar dan dalam kaca mobil. Jangan lupa untuk membersihkan kaca spion.

  • Jaga lampu dasbor tetap redup

Untuk menghindari ketegangan mata di malam hari, atur lampu dasbor dalam pencahayaan yang sesuai.

Catatan

Penggunaan kacamata malam anti silau bukanlah alternatif yang tepat untuk memastikan Anda berkendara dengan aman. Namun, bila Anda tetap ingin mencobanya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter mata untuk menentukan keputusan yang tepat.

Read More
Hidup Sehat

Sederet Manfaat Daun Jinten untuk Kesehatan

Memiliki nama lain Plectranthus Ambonicus, daun jinten sudah lama dimanfaatkan sebagai tanaman obat secara khusus dalam pengobatan tradisional. Manfaat daun jinten diklaim mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit, salah satu khasiat didapat dari kandungan senyawa penting dan metabolik sekunder yang ada di dalamnya.

Terdapat juga beragam senyawa penting yang terkandung di dalam daun, seperti flavonoid, glikosida, fenol, tanin dan steroid. Selain itu, daun jinten juga memiliki nama lain karena ketika dilumatkan akan mengeluarkan aroma mint dan disebut dengan mexican mint. Untuk mendapat beragam manfaat dari daun ini perlu diperhatikan beberapa hal yang cukup penting.

Manfaat Daun Jinten

Kandungan nutrisi daun ini terbilang lengkap, di antaranya air, protein, lemak dan karbohidrat hingga sejumlah mineral penting bagi tubuh. Mineral itu seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium, zinc, mangan, tembaga dan selenium. Berikut beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari daun jinten.

  • Kontrol Diabetes

Manfaat pertama yang bisa didapatkan lewat ekstrak daun ini, salah satunya dipakai untuk mengatasi diabetes. Daun ini dianggap mampu menurunkan kadar gula darah, sehingga bisa dijadikan untuk antidiabetes, lebih tepatnya membantu mempercepat penyembuhan luka dan menurunkan risiko infeksi serta komplikasi.

Untuk mendapatkan manfaat ini bisa dengan memakai ekstrak daun jinten, yang menurut penelitian tak hanya mampu untuk menurunkan kadar gula darah tetapi juga meningkatkan kondisi pankreas.

Seain itu juga dapat untuk menurunkan kolesterol total dan trigliserida pada penderita diabetes, sebaliknya kadar kolesterol baik (HDL), total protein dan kalsium juga meningkat secara signifikan.

  • Atasi Gangguan Pernapasan

Daun jinten bisa dimanfaatkan untuk mengobati segala jenis batuk, bronkitis, sakit tenggorokan. Flu dan hidung tersumbat hingga asma kronis. Hanya dengan mengonsumsi rebusan teh daun jinten, maka beberapa penyakit gangguan pernapasan tersebut bisa diatasi. Selain dibuat teh, daun jinten yang dikunyah juga bisa melegakan pernapasan.

  • Mengobati Penyakit Kulit

Manfaat satu ini cukup populer dan bisa didapatkan dari daun jinten, yakni mengatasi berbagai penyakit kulit. Daun ini memiliki fungsi sebagai antibakteri dan antiradang, sehingga bisa digunakan untuk mengobati eksim, psoriasis, ketombe dan lain sebagainya. Selain itu, daun jinten juga bermanfaat untuk mengatasi gigitan serangga.

  • Atasi Gangguan Pencernaan

Ramuan daun jinten juga bisa mengobati beragam masalah pencernaan, mulai dari sariawan di mulut, luka di lambung, infeksi usus dan perut, perut kembung, cacingan, mual hingga muntah. Bisa dikonsumsi dengan membuatnya sebagai teh daun jinten, senyawa-senyawa di dalam daun ini dipercaya mampu melancarkan dan menenangkan pencernaan.

Masalah Kesehatan Lain

Di samping berbagai masalah kesehatan di atas yang bisa diatasi dengan daun jinten, banyak manfaat lain yang baik kesehatan untuk tubuh. Berikut beberapa masalah kesehatan lain yang bisa diatasi dengan memanfaatkan daun jinten.

  • Menurunkan demam, mengatasi sakit kepala, meredakan nyeri, meningkatkan penglihatan, meredaka stres hingga kecemasan.
  • Meningkatkan kesehatan ginjal, meringankan rematik, meningkatkan aktivitas antimikroba, antijamur dan antibakteri.
  • Mencegah penyakit kardiovaskuler, berpotensi menghambat perkembangan sel kanker hingga meringankan nyeri haid.

Manfaat daun jinten memang beragam dan termasuk banyak, tetapi masih diperlukan studi lebih lanjut terutama klaim potensi antikanker. Kebanyakan penelitian terhadap daun jinten juga masih tebatas pada hewan atau baru dilakukan dalam skala kecil. Selain itu, penelitian lebih lanjut juga diperlukan untuk membuktikan manfaat dauni ini untuk pengobaatan secara terapeutik.

Read More

3 Cara Membuat Masker Kunyit untuk Hilangkan Flek dan Jerawat

Siapapun orangnya tentu akan mendambakan kulit wajah yang bersih, segar, serta sehat. Untuk mendapatkan hal tersebut tentu Anda akan melakukan apapun, baik perawatan dengan dokter ataupun secara alami, dengan menggunakan masker misalnya. 

Masker wajah tentu memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan kulit wajah, seperti masker kunyit yang berfungsi untuk menghilangkan flek hitam dan jerawat. Nah, berikut ada tiga cara membuat masker kunyit yang bermanfaat untuk emnghilangkan flek hitam serta jerawat. 

  1. Masker kunyit untuk jerawat

Bahan:

  • 2 sendok makan bubuk kunyit
  • 1 sendok makan tepung beras 
  • 2 sendok makan yogurt atau susu (untuk kulit berminyak) atau minyak zaitun, minyak kelapa, atau almond (untuk kulit kering)
  • 1 sendok makan madu

Madu memiliki sifat anti-inflamasi anti mikroba alami, tetapi juga mampu membuat kelembapan pada  kulit Anda. Sehingga tidak membuat kering kulit saat sedang melawan dan menenangkan jerawat Anda. 

Meskipun resep ini menggunakan minyak atau yogurt, namun Anda hanya perlu menggunakan produk susu jika berurusan dengan jerawat. Setelah diaduk semua bahan hingga rata, maka gunakan masker langsung pada wajah. Setelah itu, diamkan selama 15-20 menit. Setelah kering, lalu bilas dengan pembersih wajah Anda. Lalu keringkan dengan handuk lembut dan gunakan pelembap setelahnya.

  1. Masker wajah kunyit unyuk melawan jerawat dan memudarkan flek hitam

Bahan:

  • 2 sendok makan tepung terigu
  • 1 sendok teh bubuk kunyit
  • 1 sendok makan minyak almond
  • 3 sendok makan susu

Perlu Anda ketahui, kunyit kemungkinan besar bisa menodai wajah Anda, jadi gunakan hanya pada bagian yang akan dirawat saja. nah, pada masker kali ini satu sendok minyak almon adalah yang akan membuat Anda bebas dari noda hitam bekas jerawat, dan bonusnya akan membantu melembutkan serta menenangkan kulit yang iritasi (karena kandungan vitamin E). Campur semua bahan sampai halus dan lembut, namun tidak terlalu encer. Lalu oleskan pada wajah Anda, dan biarkan selama 15 menit. Setelah itu, cilas hingga bersih. 

  1. Masker kunyit untuk menennagkan kulit sensitif

Bahan:

  • 1 sendok teh kunyit bubuk
  • ½ sendok teh gel lidah buaya
  • 1 sendok teh air mawar

Cara membuat masker kunyit kali ini adalah dengan mencampur menggunakan lidah buaya. Masker wajah kunyit ini sangat ampuh bagi kulit sensitif, terlebih lagi campuran gel lidah buaya yang dapat menenangkan kulit kemerahan dan iritasi. Sedangkan air mawar merupakan anti inflamasi alami yang baik bagi kulit wajah. 

Campurkan semua bahan pada satu wadah, setelah itu Anda bisa langsung mengoleskan masker pada wajah. Lalu diamkan selama 10 menit, lalu bilas. Jika Anda khawatir akan meninggalkan bekas, oleskan pelembab setelah Anda bilas, atau tambahkan beberapa tetes minyak ke dalam masker sebelum mengoleskannya. 

Kunyit sudah lama dianggap menjadi makanan super yang bermanfaat bagi kesehatan, karena kunyit mengandung antioksidan yang baik bagi kulit. Pun kunyit memiliki sifat anti peradangan yang dapat membantu meredakan kemerahan, mengurangi munculnya bekas luka, mencerahkan kulit, dan bahkan memabntu melawan jerawat. 

Oleh karena itu, beberapa cara membuat masker kunyit di atas diharapkan dapat membantu Anda mengatasi beberapa masalah pada kulit wajah secara alami. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan kulit wajah yang sehat, lebih cerah dan bebas flek bekas jerawat. 

Read More

Cara Menghilangkan Jerawat 1 Hari

Menjadi salah satu kondisi yang membuat banyak orang, baik itu perempuan atau laki-laki tidak nyaman, selain itu jerawat juga bisa membuat seseorang tidak percaya diri dengan penampilanya. Pada dasarnya, jerawat akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari hingga beberapa minggu, namun bagi yang tidak sabar terdapat cara menghilangkan jerawat 1 hari.

jerawat

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang sering dialami banyak orang, khususnya mereka yang memiliki kulit berminyak dan tidak rutin dibersihkan. Kondisi ini bisa menimbulkan rasa tidak nyaman dan menurunkan rasa percaya diri, berbagai cara pun dilakukan untuk mengatasi kondisi ini mulai dari cara medis hingga menggunakan bahan-bahan alami.

Cara Menghilangkan Jerawat 1 Hari Secara Alami

Untuk menghilangkan jerawat dengan cepat, biasanya borang-orang menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapat. Cara ini dipakai dan digunakan selain seseorang juga rutin merawat kulit wajah atau bagian tubuh lain. Berikut ini beberapa bahan alami yang bisa dipakai mengatasi jerawat secara cepat.

  1. Es Batu

Pengobatan jerawat menggunakan es batu mampu untuk mengurangi peradangan pada jerawat, caranya pun sangat mudah hanya membungkus es menggunakan kain bersih. Lalu tempelkan pada kulit yang berjerawat selama satu menit, ini akan mengurangi kemerahan dan pembengkakan yang diakibatkan jerawat.

  1. Putih Telur

Bahan ini tidak hanya bisa membantu mengurangi peradangan pada jerawat, namun juga membantu mengencangkan kulit dan mengontrol produksi mintyak pada kulit. Cara yang bisa digunakan adalah menggunakan putih telur sebagai masker wajah, oleskan putih telur pada area wajah yang berjerawat lalu diamkan selama 10 menit dan bilas menggunakan air bersih.

  1. Madu

Selain putih telur, pengobatan jerawat dengan masker juga bisa dilakukan dengan menggunakan bahan dasar madu. Manfaat madu adalah mampu menjaga bakteri baik yang terdapat di kulit, sekaligus mempercepat proses penyembuhan dari jerawat yang muncul. Cara membuat masker dengan bahan madu juga terbilang mudah.

Campurkan tiga sendok makan madu dengan satu sendok makan kayu manis, setelah itu masukkan ke dalam mircrowave selama 30 detik dan diamkan sebentar. Ketika dalam kondisi tidak terlalu panas, oleskanbahan campuran pada wajah secara merata dan biarkan selama 10 menit, setelah itu bilas hingga bersih.

  1. Mentimun

Mentimun menjadi salah satu buah yang bisa digunakan untuk mengatasi mata bengkak, selain itu khasiat mentimun ternyata juga dapat dipakai untuk mengobati jerawat. Mentimun juga dapat memberi efek dingin pada kulit wajah, ketika menggunakan mentimun untuk mengatasi jerawat perbaiki juga pola hidup sehat.

  1. Obat Tetes Mata

Produk ini ternyata ampuh untuk mengatasi jerawat dengan cepat yakni hanya dalam satu hari saja, diketahui jika obat tetes mata mengandung tetrahydrozoline hydrochloride yang diklaim membantu meredakan kemerahan pada kulit yang diakibatkan radang. Cara yang harus dilakukan adalah dengan membasahi kapas dengan tetes mata lalu letakkan dalam freezer.

Diamkan kapas dingin semalaman, jika sudah pakai kapas tersebut untuk mengompres bagian yang mengalami radang. Cukup tempelkan selama beberapa menit pada jerawat hingga cairan di dalamnya terserap ke dalam kulit dan mampu mengecilkan pembuluh darah, ulangi hingga kemeraha pada jerawat menghilang.

  1. Bawang Putih

Tak hanya sebagai bumbu penyedap masakan, bawang putih juga bisa digunakan sebagai  bahan cara menghilangkan jerawat 1 hari. Caranya dengan memakai bawang putih sebagai masker alami, bisa dengan ditumbuk hingga halus atau dengan mengiris tipis-tipis beberapa siung kemudian ditempelkan pada wajah yang sebelumnya sudah dibersihkan.

Read More

Beginilah Tahap Daur Air Beserta Faktor Penghambatnya

Daur air adalah sirkulasi air dari atmosfer menuju bumi lalu kembali pada atmosfer lagi. Daur air sendiri memiliki istilah lain yaitu siklus hidrologi. Sumber air di bumi baik dari laut, danau, sungai, maupun mata air akan mengalami siklus hidrologi ini. Daur air akan terjadi melalui beberapa tahapan. Selain itu, terdapat beberapa faktor yang dapat mengganggu daur air. Berikut penjelasan lengkapnya

daur air

Tahap daur air

Daur air akan melalui 3 fase yaitu gas, cair, dan padat. Ketiga fase tersebut terdapat dalam 4 lapisan bumi yaitu atmosfer, litosfer, hidrosfer, dan biosfer. Daur air akan melewati 7 tahap secara beraturan. Berikut ketujuh tahap daur air tersebut. 

  1. Evaporasi

Evaporasi adalah proses penguapan air pada permuakaan bumi karena adanya panas matahari. Uap air tersebut kemudian naik menuju lapisan atmosfer. Laju evaporasi dari permukaan bumi menuju atmosfer dipengaruhi oleh energi panas dari matahari. 

  1. Transpirasi 

Transpirasi adalah proses penguapan air pada permukaan bumi yang terjadi pada jaringan tumbuhan. Akar tanaman menyerap air, mendorongnya menuju daun untuk fotosintesis. Air hasil fotosintesis tersebut akan dikeluarkan oleh tanaman sebagai uap air. Pada proses fotosintesis, peran matahari diperlukan. 

  1. Sublimasi

Sublimasi adalah proses ketika es berubah menjadi uap air tanpa perlu melalui fase cair terlebih dahulu. Tahap sublimasi akan dialami pada daur air es dari kutub dan pegunungan. Secara proses, subimasi lebihh lambat dibandingkan evaporasi dan transpirasi. 

  1. Kondensasi 

Kondensasi adalah proses ketika uap air berubah menjadi partikel es berukuran kecil. Faktor yang mempengaruhi kondensasi yaitu suhu udara yang rendah. Partikel es yang terbentuk akan saling mendekati dan bergabung menjadi awan serta kabut. 

  1. Presipitasi

Presipitasi atau pengendapan adalah proses terjadinya hujan. Awan yang terkena angin panas atau perubahan suhulah yang menyebabkan awan menjadi hujan. Jika suhu di bawah nol derajat, maka hujan yang turun tidak berbentuk air namun berbentuk es. Proses presipitasi akan membuat air kembali masuk pada lapisan litosfer. 

  1. Limpasan

Limpasan adalah proses air mengalir di permukaan bumi dari tempat tinggi ke tempat yang lebih rendah. Daur air pada tahap ini akan membuat air kembali pada lapisan hidrosfer. 

  1. Infiltrasi 

Infiltrasi adalah proses ketika air merembes ke dalam tanah kemudian menjadi air tanah yang nantinya digunakan pada tahap transpiras. Air setelah hujan tidak semua menuju tahap limpasan. Sebagian air tersebut akan mengalami taham infiltrasi ini. 

Faktor penghambat daur air

Proses daur air sendiri dapat terhambat oleh efek rumah kaca dan penebangan hutan. Kedua faktor penghambat daur air ini merupakan kegiatan yang sering dilakukan oleh manusia. Seringkali, orang-orang belum menyadari bahwa daur air dapat terhambat oleh dua faktor tersebut. 

  1. Efek rumah kaca

Faktor peghambat daur air salah satunya adalah efek rumah kaca, yaitu proses ketika bumi mengurung gas untuk membuat udara lebih stabil dibandingkan dengan planet lainnya. Hal ini akhirnya menimbulkan terjadinya pemanasan global. Pemanasan global akan menyebabkan es di kutub mencair yang kemudian mengganggu siklus pada daur air. 

  1. Penebangan hutan

Deforestasi atau penebangan hutan dapat menyebabkan daur air terhambat. Penebangan hutan seringkali dilakukan bertujuan untuk membuka lahan baru. Sayangnya, berkurangnya pohon yang terus menerus menyebabkan hutan menjadi gundul. Hal kemudian akan membuat uap air berkurang sehingga hujan jarang turun. 

Daur air memiliki banyak manfaat bagi bumi. Beberapa manfaat tersebut di antaranya adalah menciptakan hujan, membuat keseimbangan biosfer bumi, mengatur suhu lingkungan, dan mengatur perubahan cuaca. Sayangnya, perubahan iklim yang terjadi akibat pemanasan global dapat berdampak pada daur air sehingga mengurangi manfaatnya. Beberapa dampak yang muncul pada siklus hidrologi karena perubahan iklim di antaranya kurangnya air bersih, sering terjadi banjir, terdapat pencemaran air, serta adanya kekeringan. 

Read More

Menilik Mati Suri dari Kacamata Medis

Istilah mati suri sebenarnya bukanlah suatu hal asing yang belum pernah sama sekali didengar. Seseorang yang mengalami mati suri, akan kembali hidup setelah ia dinyatakan meninggal dunia, itulah pengertian mati suri yang biasanya dikenal di kalangan masyarakat. Namun, bagaimana konsep mati suri sebenarnya dalam dunia medis?

mati suri

Dalam dunia medis, mati suri dikenal dengan Lazarus syndrome yang berarti kembalinya sirkulasi spontan yang tertentu setelah dilakukan tindakan CPR. Meski begitu, teori Lazarus syndrome ini tetap menimbulkan pertanyaan besar. Di bawah ini, terdapat beberapa teori yang diyakini berkaitan erat dan mampu menjelaskan fenomena mati suri pada manusia.

Mati suri dari segi medis

Telah disebutkan sebelumnya, bahwa istilah Lazarus syndrome mengacu pada kembalinya sirkulasi spontan yang sebelumnya tertunda setelah seseorang telah diberikan resusitasi jantung paru atau CPR. Kata Lazarus itu sendiri diambil dari nama Lazarus, seorang Betania dalam Alkitab, yang diyakini dibangkitkan kembali oleh Yesus setelah empat hari dinyatakan meninggal dunia.

Para ahli meyakini, bahwa jumlah fenomena mati suri yang sebenarnya terjadi, lebih besar dibanding dengan data yang dilaporkan.

Beberapa kemungkinan penyebab terjadinya mati suri pada manusia, antara lain:

  • Lazarus syndrome

Para ahli menjelaskan bahwa Lazarus syndrome terjadi saat ada akumulasi tekanan pada dada setelah tindakan CPR dilakukan. Ketika CPR dihentikan, tekanan akan berkurang, sehingga fungsi kerja jantung dapat kembali normal. Kondisi ini berpeluang menjadi penyebab mengapa seseorang dapat tersadarkan kembali.

Ada juga kemungkinan lain, ketika obat yang diberikan melalui pembuluh darah perifer tidak tersalurkan secara sempurna. Setelah pembuluh darah kembali pada ukuran semula, obat baru dapat tersalurkan dengan baik dan akhirnya menyebabkan orang tersebut tersadarkan kembali.

  • Kondisi medis

Dunia medis mengenali dua jenis kematian, yaitu kematian klinis dan biologis. Kematian klinis merujuk pada kondisi ketika tidak ada detak jantung dan napas pada seseorang. Di sisi lain, kematian biologis merujuk pada tidak adanya aktivitas pada otak manusia.

Walaupun begitu, diagnosis kematian klinis pada manusia terbilang cukup rumit. Terdapat beberapa kondisi medis yang dapat membuat seseorang seolah-olah telah meninggal dunia, namun pada kenyataannya masih hidup.

  • Hipotermia

Istilah hipotermia terjadi ketika tubuh mengalami penurunan temperatur ekstrem akibat suhu dingin di sekitarnya. Seseorang yang mengalami hipotermia menyebabkan detak jantung dan napas seseorang melambat, hingga di suatu titik tertentu tidak dapat terdeteksi lagi. Pada kondisi itulah, seseorang dianggap telah meninggal dunia.

Di samping itu, sirkulasi darah seseorang yang mengalami hipotermia akan terhenti. Namun, fungsi kerja saraf masih bekerja.

Antara kematian klinis dan biologis

Kematian klinis merujuk pada kondisi ketika jantung dan napas seseorang tidak lagi bekerja. Kematian klinis pada kenyataannya dapat dikembalikan. Ketika seseorang mengalami serangan jantung dan diberikan tindakan CPR, terdapat peluang yang cukup menjanjikan dalam menyelamatkan nyawa orang yang bersangkutan.

Sementara itu, kematian biologis merujuk pada kondisi ketik otak manusia tidak bekerja lagi. Memang, secara medis tubuh dapat tetap berfungsi walau otak manusia dinyatakan sudah mati, karena jantung dapat bekerja tanpa ada intervensi dari otak.

Secara garis besar, kematian klinis merupakan alasan paling logis mengapa fenomena mati suri dapat terjadi.

Read More

Rekomendasi Makan Sehat untuk Vitamin Hati yang Optimalkan Fungsi Organ Ini

sumber vitamin hati yang baik bagi kesehatan organ hati

Hepatitis, sirosis hati, perlemakan hati, dan penyakit liver lainnya dapat dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat. Jika Anda masih khawatir akan risiko mengalami liver, memenuhi kebutuhan vitamin hati tidak ada salahnya. Rekomendasi asupan makanan untuk vitamin hati ini dapat dengan mudah Anda olah dan konsumsi. Tidak repot, tapi dapat optimalkan fungsi organ hati. Mari simak rekomendasi vitamin hati berikut!

Rekomendasi makanan sehat untuk vitamin hati

  • Vitamin E

Mungkin Anda lebih mengenal manfaat vitamin E untuk kesehatan kulit. namun, nyatanya vitamin E dapat menjadi vitamin hati yang sudah larut dalam lemak. Di dalam vitamin E terkandung zat antioksidan yang berfungsi untuk melindungi sel dari radikal bebas. Tanpa Anda sadari, radikal bebas yang diserap tubuh jika tidak dikendalikan dapat memicu stres oksidatif, sehingga menyebabkan timbulnya penyakit kronis, seperti kanker dan jantung. 

Hal ini dikuatkan oleh hasil penelitian yang menyebutkan bahwa efek antioksidan vitamin E dapat menurunkan stres oksidatif pada penyakit akibat perlemakan hati non-alkoholik. Sumber vitamin E dapat Anda peroleh dari makanan berikut ini:

  1. Alpukat
  2. Mangga
  3. Kiwi
  4. Paprika merah
  5. Kacang tanah
  6. Biji bunga matahari
  7. Kacang almond
  8. Kacang Brazil
  • Vitamin C

Jika biasanya Anda mendengar fungsi vitamin C untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, vitamin ini juga berperan sebagai vitamin hati. Cara kerja vitamin C ini serupa dengan vitamin E, yang mengendalikan radikal bebas, sehingga tidak memicu stres oksidatif. Seseorang yang kekurangan vitamin C berisiko mengalami penyakit perlemakan hati non-alkohol dan steatohepatitis non-alkohol. Sumber vitamin C dapat Anda peroleh dengan mudah dari makanan ini:

  1. Jeruk
  2. Stroberi
  3. Pepaya
  4. Lemon
  5. Brokoli
  6. Paprika kuning
  7. Kiwi
  8. Jambu biji
  • Vitamin D

Vitamin D merupakan salah satu sumber bagi vitamin hati. Beberapa orang menyebut vitamin D sebagai vitamin matahari, karena memang vitamin ini didapatkan tubuh dari terkena paparan sinar UV. Vitamin D bersifat larut lemak yang kemudian disintesis oleh tubuh. 

Dalam sebuah jurnal Nutrients, disebabkan bahwa seseorang yang kekurangan vitamin D sering kali dikaitkan dengan penyakit perlemakan hati non-alkohol. Dengan memenuhi kebutuhan vitamin D dalam tubuh, penyakit kerusakan hati tersebut dapat diatasi. 

Sumber vitamin D dapat Anda peroleh dari beberapa jenis makanan, seperti ikan makarel, salmon, herring, sarden, minyak ikan cod, dan juga kuning telur.

  • Vitamin B12 dan B9

Jenis vitamin B, seperti vitamin B12 yang merupakan kobalamin dan vitamin B9 (folat), sering kali dikaitkan dengan fungsi dan kinerja organ hati. Dalam sebuah hasil penelitian yang dimuat dalam jurnal Nutrients, disebutkan bahwa kekurangan dua zat tersebut, folat dan kobalamin, dapat memperparah penyakit steatohepatitis non-alkohol. 

Meskipun begitu, memang masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengonfirmasi dan menguatkan hasil penelitian yang sudah ada, mengenai manfaat kobalamin dan folat sebagai vitamin hati. Tentunya, Anda tetap harus mencukupi kebutuhan dua zat penting ini untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

Sumber vitamin B12 dapat Anda peroleh dari ikan sarden, tuna, kerang, dan organ hati hewan. Sedangkan, vitamin B9 dapat Anda peroleh dengan mengonsumsi telur, sayuran hijau, buah sitrus, dan brokoli.

Read More

Penyakit Berbahaya di Balik Bintik Merah pada Kulit

Kulit merupakan bagian terluar dari tubuh manusia. Keberadaannya seakan menjadi “tameng” bagi bagian atau organ yang diselubunginya. Selain itu, kulit juga menjadi bagian tubuh yang paling terpapar oleh lingkungan, sehingga tak jarang banyak masalah terjadi pada kulit. Bintik merah pada kulit mungkin jadi salah satu kondisi yang menandakan tengah ada yang tidak beres di tubuh kita.

bintik merah pada kulit

Hampir semua orang pernah mengalami atau mendapati adanya bintik merah pada kulit mereka. Paling sering keadaan itu berlangsung setelah digigit serangga, seperti nyamuk, misalnya. Karena sifatnya timbul tenggelam, banyak orang yang menyepelekan kondisi ini.

Namun, tahukah Anda bahwa ada beberapa penyakit berbahaya di balik bintik merah pada kulit? Penyakit-pemyakit yang terangkum di bawah ini mungkin akan menjurus ke arah atau kondisi lebih serius jika tidak ditangani.

Oleh karenanya, penting untuk mengetahui apa-apa saja penyakit berbahaya di balik munculnya bintik merah pada kulit manusia. Berikut di antaranya:

  • Cacar Api

Penyakit ini kerap juga dikenal dengan herpes zoster, shingles, atau cacar ular. Penyakit yang identik sekali dengan bintik merah pada kulit ini disebabkan oleh virus varicella-zoster. Cacar api terjadi ketika virus yang telah menetap di kulit memperbanyak diri (multiplikasi) dan memicu bintik-bintik kecil berwarna merah di daerah sekitar kulit yang dilalui virus tersebut.

Bintik-bintik merah itu berisi cairan dan teksturnya akan menggelembung. Penderita penyakit ini akan menderita rasa sakit seperti terbakar dan kulit menjadi sensitif selama beberapa hari hingga satu minggu.

Cacar api cenderung menyerang orang lanjut usia dan penderita penyakit imunosupresif (sistem imun lemah) seperti AIDS, leukemia, lupus, dan limfoma. Penularan virus ini dapat terjadi mulai dari kontak langsung, hingga transmisi melalui pernapasan, sehingga virus tersebut dapat menjadi epidemik di antara inang yang rentan.

  • Demam Dengue

Sudah bukan rahasia jika salah satu indikasi seseorang terserang demam berdarah dengue (DBD) adalah munculnya bintik merah pada kulit. Tanda itu bisa muncul hampir di seluruh bagian tubuh.

Selain adanya bintik-bintik merah, penderita DBD juga merasakan nyeri sendi dan otot yang parah. Itu belum termasuk tanda lain seperti demam tinggi selama beberapa hari.

  • Biduran

Biduran, urtikaria, kaligata, atau ragam sebutan lainnya kerap dikaitkan dengan kondisi seseorang yang tidak tahan terhadap cuaca atau suhu dingin. Biasanya, penderita akan mendapati di hampir seluruh bagian kulitnya muncul bintik, cenderung ke arah bentol berwarna kemerahan. Bentol atau bintik kemerahan itu dihasilkan dari pelepasan histamin dari jaringan sel mast dan dari sirkulasi basofil.

Penderita juga merasakan gatal dan kadang sensasi panas di area yang ditumbuhi bintik merah pada kulit tersebut. Sebenarnya, biduran adalah kondisi kelainan kulit berupa reaksi vaskular terhadap bermacam-macam sebab, biasanya dikarenakan oleh suatu reaksi alergi.

Seperti yang disampaikan sebelumnya, bahwa biduran tidak hanya terjadi lantaran suhu dingin. Namun, sejumlah faktor punya andil dalam memicu kondisi ini. Ada faktor imunologi dan nonimunologik. Faktor-faktor nonimunologik meliputi bahan-bahan kimia, obat-obatan tertentu (termasuk morfin dan kodein), makan makanan laut (lobster, kerang, udang), toksin bakteri, hingga kontak fisik.

  • Eksim

Kondisi yang kerap menyasar anak-anak ini juga dikenal sebagai dermatitik atopik. Penyebabnya tidak diketahui secara pasti. Namun, kemungkinan faktor genetik dan lingkungan yang kurang bersih dapat meningkatkan risiko terjadinya kondisi ini.

  • Kudis dan Kurap

Kurap dan kudis merupakan dua penyakit kulit yang umum terjadi lantaran pola dan kebiasaan hidup kurang sehat, serta lingkungan yang tidak bersih. Kedua penyakit ini mudah sekali menular dari satu orang ke orang yang lain.

Kurap disebabkan oleh infeksi jamur dermatofit, sementara kudis disebabkan oleh tungau Sarcoptes scabiei, orang Indonesia mengenal parasit penyebab kudis ini sebagai “kutu bangsat” atau “kutu kasur”.

Kurap membuat kulit membentuk bagian kecil, berbentuk lingkaran merah muda, yang kasar berbentuk lingkaran merah muda. Adapun kudis membuat timbulnya ruam dan rasa gatal yang hebat di bagian tubuh yang terserang.        

***

Secara umum, bintik merah pada kulit memang tidak menandakan penyakit atau kondisi medis yang serius. Namun, bukan berarti kita bisa menyepelekannya begitu saja. Lebih baik cari tahu terlebih dahulu apa yang memicu timbulnya kondisi tersebut. Siapa tahu, itu merupakan kondisi yang butuh perhatian lebih dari kita ‘kan? Jadi, jangan dipandang sebelah mata, ya!

Read More

Ini Tanda-Tanda Kalau Anda Menderita Gangguan Depersonalisasi

Pernahkah Anda merasakan sensasi seolah-olah berada di luar tubuh? Bagi sebagian orang, pengalaman ini terkesan seperti pengalaman mistis. Akan tetapi, kondisi ini sebenarnya merupakan kondisi medis yang disebut dengan gangguan depersonalisasi.

gangguan depersonalisasi

Penderita gangguan depersonalisasi merasa berada di luar tubuh, bahkan memperhatikan tindakan tubuh dari jarak jauh. Anda akan merasa dunia di sekitar Anda tidak nyata dan seluruh benda serta orang di sekitar Anda seolah-olah tidak bernyawa.

Gangguan ini tergolong sebagai gangguan kesehatan mental. Pemutusan hubungan dengan kenyataan yang secara tiba-tiba merupakan gejala utama dari kondisi ini.

Mengenal gejala gangguan depersonalisasi

Ada beberapa hal yang bisa menjadi tanda dari gejala kondisi ini. Bebeberapa gejala tersebut antara lain:

  • Perasaan di luar tubuh, seolah-olah memandang diri sendiri dari jarak jauh
  • Tubuh dan pikiran mati rasa
  • Merasa seolah-olah tidak dapat mengontrol perkataan dan tindakan
  • Tidak memiliki ingatan pada sebagian memori mengenai suatu peristiwa, orang, atau suatu masa dalam hidup
  • Merasa hidup seperti mimpi, saat semua orang dan lingkungan terasa seperti tidak nyata
  • Perilaku obsesif, seperti berkaca berulang kali untuk memastikan dirinya nyata

Dalam beberapa kasus, penderita gangguan depersonalisasi mungkin melakukan perjalanan  ke berbagai tempat secara fisik, namun menggunakan identitas yang berbeda di setiap tempat tersebut. Anda mungkin kesulitan untuk mengingat identitas Anda sendiri.

Jika terus dibiarkan, kondisi ini dapat berujung pada masalah kesehatan mental lainnya berupa gangguan kecemasan.

Faktor penyebab gangguan depersonalisasi

Tidak ada faktor penyebab yang pasti untuk setiap penderita gangguan ini. Biasanya, stres dan pengalaman traumatis menjadi penyebab utama kondisi ini, khususnya jika hal tersebut dialami semasa kecil.

Secara khusus, pengalaman traumatis yang menimbulkan kondisi ini biasanya berupa kekerasan ekstrem, penculikan, perang, atau pelecehan semasa kecil. Bagi orang yang pernah mengalami hal ini, merasakan pengalaman keluar dari tubuh merupakan reaksi yang normal terhadap pengalaman yang tidak dapat dikendalikan.

Tanpa disadsari, sensasi berada di luar tubuh merupakan upaya seseorang untuk melarikan diri dari kenyataan yang menyakitkan.

Selain pengalaman masa lalu, sensasi berada di luar tubuh juga bisa disebabkan oleh pemakaian obat-obatan terlarang, seperti halusinogen, ganja, dan ketamin.

Cara mengobati gangguan depersonalisasi

Bagi penderita gangguan depersonalisasi, pengobatan biasanya bersifat lebih personal dengan mengetahui faktor yang mendasari stres. Bentuk pengobatan dapat berupa:

  • Psikoterapi

Psikoterapi adalah terapi perilaku kognitif dengan mengajarkan strategi untuk memblokir pikiran obsesif mengenai hal-hal yang tidak nyata. Terdapat dua teknik dalam psikoterapi, yaitu teknik grounding dan teknik psikodinamik.

Teknik grounding memanfaatkan indra tubuh agar penderita merasa lebih berhubungan dengan kenyataan, seperti melalui musik atau menggenggam es batu. Sementara, teknik psikodinamik berfokus pada mengatasi konflik dan perasaan negatif yang sedang dirasakan oleh penderita pada saat itu.

  • Terapi EMDR

Terapi EMDR merupakan metode terapi yang diterapkan untuk sejumlah gangguan kesehatan mental. Biasanya, terapi ini dilakukan pada pasien yang pernah mengalami trauma akibat kekerasan seksual.

EMDR merupakan singkatan dari eye movement desnsitization and reprocessing, terapi yang melibatkan gerakan mata serta tepukan tangan. Penderita gangguan depersonalisasi yang memiliki trauma kekerasan seksual dapat ditangani dengan terapi ini.

Dalam beberapa kasus, penderita gangguan ini mungkin akan diberikan obat-obatan tertentu seperti antidepresan untuk meringankan gejala. Akan tetapi, tidak ada obat yang secara khusus dapat menyembuhkan kondisi gangguan depersonalisasi bila tidak melalui terapi.

Read More