Lagu Pengantar Tidur untuk Anak-Anak, Dijamin Pulas!

Masing-masing orang tua pastinya memiliki cara jitu untuk menidurkan buah hatinya. Namun, mendendangkan atau memainkan lagu pengantar tidur masih jadi cara yang populer hingga kini.

Untuk bisa tumbuh optimal, usia anak-anak membutuhkan tidur berkualitas dengan durasi yang cukup setiap harinya. Sebab, hormon pertumbuhan diproduksi dan dialirkan ke seluruh tubuh dengan lebih maksimal sewaktu ia tidur.

Nah, musik digadang-gadang memiliki peran penting dalam perkembangan bayi dan kemampuannya untuk mencapai tidur nyenyak. Akan tetapi, tidak semua jenis musik mempunyai efek yang sama pada bayi. Jadi, pintar-pintar memilih lagu pengantar tidur untuk anak Anda, ya!

Sebelum masuk ke beberapa pilihan lagu pengantar tidur untuk buah hati, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu manfaat yang bisa didapat dari musik sebelum tidur, di antaranya:

  • Meningkatkan Kualitas Tidur

Sebuah studi tentang efek musik dan kualitas tidur mengungkapkan bahwa anak yang mendengarkan musik pada tidur siang dan malam memiliki kualitas tidur yang baik. Studi lain menyimpulkan bahwa musik klasik yang menenangkan adalah obat mujarab dalam mengurangi masalah tidur.

  • Memicu Perkembangan Otak

National Association for the Education of Young Children mengatakan pengalaman musik saat masa kanak-kanak adalah suatu yang penting, karena melalui musik, bayi dan balita dapat lebih memahami diri mereka sendiri dan perasaan mereka.

Selain itu, konsumsi musik dapat memicu mereka belajar menguraikan pola dan memecahkan masalah, sekaligus menemukan dunia di sekitar mereka dalam pemaknaan yang beragam.

  • Relaksasi

Musik klasik juga menawarkan efek relaksasi sehingga bisa membantu tidur buah hati lebih lelap. Hal ini bukan tanpa alasan, musik mampu memengaruhi gelombang otak dan menyampaikan emosi yang juga bisa dipahami olehnya. Karena itu, memutar musik atau menyanyikan lagu pengantar tidur yang menenangkan sebelum tidur akan dapat membantu orang tua mewujudkan waktu tidur bayi yang lebih optimal.

Pilihan Lagu Pengantar Tidur

Di bawah ini ada beberapa rekomendasi pilihan lagu pengantar tidur yang sudah populer dan dapat dikatakan membudaya dari beberapa belahan dunia. Pilihan lagu pengantar tidur ini bisa Anda terapkan saat menidurkan buah hati Anda:

  • Twinkle, Twinkle, Little Star

Ini adalah salah satu lagu pengantar tidur anak-anak paling terpopuler di dunia. Karena kepopulerannya, hampir semua orang tua, bisa dibilang hafal dengan liriknya. Nyanyikan tepat sebelum tidur, ketika bayi Anda meringkuk dan memandang Anda dengan mata indahnya.

  • Hush, Little Baby

Lagu pengantar tidur yang dibuka dengan lirik “Hush, little baby, don’t say a word. Mama’s gonna buy you a mockingbird…” ini merupakan salah satu classic lullaby yang dinyanyikan para ibu secara turun-temurun.

Menariknya lagu ini, nada dan liriknya seperti mewakilkan rasa cinta yang besar seorang ibu. Bahwa seorang ibu akan selalu ada untuk anak-anak mereka, apa pun yang terjadi.

  • Nina Bobo

Hampir seluruh orang di Indonesia pernah ditiduri, atau paling tidak mendengar Nina Bobo. Ya, lagu pengantar tidur ini begitu populer di Nusantara. Diperkirakan Nina Bobo sudah ada sedari zaman kolonial.

Lagu ini juga dikenal di Belanda dan dipopulerkan penyanyi Anneke Grönloh serta Wieteke van Dort. Dalam khazanah perbendaharaan bahasa Indonesia, kata kerja meninabobokan yang diserap dari judul lagu ini, memiliki arti ‘menyanyikan lagu supaya tidur’. Liriknya sederhana dan mudah untuk Anda nyanyikan.

  • You Are My Sunshine

Bagi Anda yang memiliki anak penggemar serial televisi ‘Barney and Friends’, mungkin sudah familiar dengan lagu ini. Lirik pada lagu ini menggambarkan rasa cinta Anda pada si kecil, tentu ini membuatnya menjadi sangat cocok bila dijadikan lagu pengiring tidur anak. Anak tidak hanya bisa terlelap, tapi juga tahu betapa berarti dirinya bagi Anda, sehingga akan menciptakan suatu ikatan batin yang indah antara Anda dan si kecil.

***

Lagu pengantar tidur yang dinyanyikan ibu saat meninabobokan si kecil akan memberikan waktu tidur yang optimal. Ibu juga bisa memilih lagu pengantar tidur yang mudah dinyanyikan. Yang terpenting bukanlah merdunya suara, tetapi pesan dan perasaan cinta Anda tersampaikan dengan baik kepada anak sebelum mereka terlelap.

Read More
Hidup Sehat

Kenali Tingkatan Syok Hipovolemik dan Cara Menanganinya

Syok hipovolemik terjadi saat tubuh kita kehilangan lebih dari dua puluh persen cairan dan pasokan darah. Kondisi ini merupakan kondisi yang berbahaya serta dapat menyebabkan kegagalan fungsi organ. Apabila tidak segera ditangani, kondisi ini juga bisa mengancam jiwa.

Tingkat keparahan syok hipovolemik

Kekurangan cairan dalam tubuh akan membuat jantung kesulitan memompa darah dalam jumlah yang cukup dan membawanya ke seluruh tubuh. Akibatnya, asupan darah menjadi berkurang dan menyebabkan syok hipovolemik.

Berdasarkan tingkat keparahannya, kondisi ini terbagi atas empat tingkatan. Pembagian ini dilihat dari jumlah volume darah yang hilang dalam tubuh.

  • Tingkat 1

Pada tingkat pertama, penderita umumnya mengalami kehilangan sebanyak 750 ml darah atau sekitar 15% dari dari total volume darah dalam tubuh. Kondisi ini cukup sulit untuk didiagnosa karena tekanan darah dan pernapasan penderita cenderung masih normal.

Salah satu gejala yang terlihat pada tingkat ini adalah penyempitan pembuluh darah yang terjadi untuk menjaga tekanan darah tidak meningkat. Selain itu, penderita pada tingkat ini biasanya mengalami rasa cemas mendadak dan kulit yang pucat.

  • Tingkat 2

Di tingkat kedua, tubuh telah mengalami kekurangan darah sebesar 30% atau sebanyak 750 hingga 1500 ml darah.  Pada situasi ini, tubuh akan berusaha menarik darah dari anggota tubuh dan usus untuk dikirimkan ke organ-organ vital seperti jantung dan otak.

Penderita pada tingkat dua mungkin belum mengalami perubahan tekanan darah secara signifikan. Akan tetapi, penderita akan mengalami rasa cemas dan gelisah yang semakin memburuk. Selain itu, denyut jantung dan pernapasan juga akan mengalami peningkatan.

  • Tingkat 3

Penderita syok hipovolemik tingkat tiga akan mengalami kekurangan volume darah sebesar 30-40%, sekitar 1500 sampai 2000 ml atau setara dengan setengah isi galon. Di situasi ini, penderita akan mengalami penurunan tekanan darah dan air seni, kulit yang memucat, serta lengan yang dingin dan lembab.

Selain gejala fisik, tingkat tiga juga menyebabkan gejala psikis seperti kebingungan, tekanan mental, dan rasa cemas berlebih.

  • Tingkat 4

Tingkat empat atau tingkat terakhir merupakan tahap yang paling berbahaya. Pada tingkat ini, kekurangan darah telah mencapai lebih dari 2000 ml atau 40% dari volume darah secara keseluruhan.

Penderita tingkat empat akan mengalami peningkatan denyut jantung yang sangat cepat namun denyut nadi melemah. Pernapasan juga akan terasa semakin sulit. Pada tingkat ini, pasien akan dikategorikan sebagai pasien kritis dan harus segera melakukan penanganan di rumah sakit.

Keempat tingkatan di atas merupakan tahap yang berbahaya. Penderita pada tingkatan pertama dianjurkan untuk melakukan pengobatan sesegera mungkin guna mencegah gejala semakin memburuk.

Pertolongan pertama untuk menangani pasien syok hipovolemik

Apabila tidak ditangani dengan cepat, kondisi syok hipovolemik bisa menjadi sangat berbahaya dan mengancam jiwa. Ada beberapa langkah sederhana yang bisa dilakukan sebagai bentuk pertolongan pertama pada pasien, yaitu:

  • Meminta pasien berbaring dengan kaki terangkat sekitar 12 inci
  • Menghindari gerakan apabila pasien dicurigai mengalami cedera pada kepala, leher, atau punggung
  • Menjaga tubuh pasien tetap hangat
  • Tidak memberikan pasien cairan melalui mulut

Apabila pasien mengalami cedera, bersihkan area luka agar terhindar dari kotoran. Jangan mencoba untuk melepaskan kaca, pisau, ataupun benda-benda lain yang tertanam pada luka. Hindari juga mengangkat kepala pasien pada posisi yang lebih tinggi dari bagian tubuh lainnya.

Dalam tingkat apa pun, pasien syok hipovolemik harus segera dibawa ke rumah sakit untuk ditangani secara khusus. Apabila kondisi memburuk, pertolongan pertama bisa membantu meredakan gejala sebelum pasien menerima pertolongan dari rumah sakit.

Read More
Hidup Sehat

Membongkar Kandungan Pisang dari Macam-Macam Jenisnya

Pisang adalah salah satu buah yang tumbuh subur di negara tropis. Indonesia sebagai negara tropis beruntung memiliki beragam jenis buah yang kaya akan manfaat ini. Manfaat yang dibawa berasal dari kandungan pisang.

Pisang berkembang menjadi buah yang populer di Nusantara. Selain mudah didapat, pisang juga dapat dikonsumsi dengan banyak cara. Belum lagi jika kita bicara bagaimana buah ini tidak memerlukan banyak syarat untuk dapat tumbuh dan berkembang meski hanya dengan mengandalkan pekarangan rumah kita.

Hal itulah beberapa alasan mengapa pisang menjadi primadona di negara ini. Nah, sekarang kita bahas, yuk, berbagai jenis buah pisang dengan segudang manfaat yang terkandung di dalamnnya, yang bisa kita temukan dengan mudah di sini:

  • Pisang Kepok

Jika kita menyambangi los buah di pasar atau ke kios buah yang terletak di pinggir jalan, dengan mudah kita jumpai pisang kepok tergantung di sudut-sudutnya. Pisang yang berbentuk agak pipih ini disukai lantaran dapat diolah menjadi makanan. Selain nikmat, kandungan pisang kepok juga amat banyak.

Kandungan nutrisi pada pisang kepok amat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Di sana dapat ditemukan kalori, vitamin B6, vitamin C, zat mangan, serat, dan kalium. Manfaat pisang kepok banyak digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan seperti membantu melancarkan pencernaan, mencegah sembelit, dan mengatasi maag. Selain itu, pisang kepok juga bisa dijadikan untuk mencukupi kebutuhan potasium.

  • Pisang Ambon

Pisang ambon dapat dikenali dengan ciri berukuran cukup besar dan memiliki rasa yang manis. Pisang ambon dikenal memiliki manfaat dapat membuat kulit tampak lebih putih. Manfaat pisang ambon lainnya adalah bisa melancarkan buang air besar dan mengobati sakit mata apabila dikonsumsi secara rutin.

Manfaat itu ada tak lain berasal dari kandungan pisang ambon sendiri, seperti karbohidrat, protein, zat besi, lemak, serat, mineral, dan vitamin bisa membantu untuk memenuhi nutrisi dalam tubuh.

  • Pisang Susu

Pisang susu memiliki manfaat yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan ibu hamil. Kandungan pisang susu yang utama adalah asam folat. Hal ini memungkinkan pisang susu bisa bermaat untuk ibu hamil. Pasalnya, asam folat merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh janin.

Selain itu, pisang susu juga bisa membantu mengatasi rasa mual akibat mabuk. Namun, jumlah kalori pada pisang susu sangat tinggi. Oleh karena itu, kamu perlu membatasi asupan konsumsinya.

  • Pisang Raja

Tak mau kalah dengan jenis pisang lainnya, pisang raja juga memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Kandugan pisang raja antara lain serat, protein, vitamin C, vitamin A, vitamin B6, kalium, niacin, mangan, magnesium, filat, dan zat besi. Kandungan mineral dan vitamin pada pisang raja ini sangat berguna untuk melawan beragai penyakit.

Manfaat pisang raja yang bisa dirasakan seperti meningkatkan imun tubuh, meningkatkan energi tubuh, menguatkan tulang, mengurangi gangguan penglihatan, menurunkan hipertensi, mengurangi risiko batu ginjal, menyembuhkan maag, mengatasi anemia, dan lain sebagainya.

  • Pisang Tanduk

Selain memiliki rasa yang nikmat, pisang tanduk menjadi primadona lantaran kandungan pisang di dalamnya. Magnesium, folat, kalium, serat, zat besi, niacin, riboflavin, mangan, protein, vitamin C, vitamin A, dan vitamin B6 merupakan deretan nutrisi yang terdapat di dalam pisang yang memiliki ciri fisik dengan panjang mencapai 28 cm ini.

Dilihat dari nutrisinya, pisang yang akan tetap berwarna hijau pada kulitnya walaupun sudah matang ini bisa membantu menjaga kesehatan ginjal. Selain itu, kandungan zat besi pada pisang tanduk juga bisa bantu menambah darah.

***

Itulah kandungan pisang yang terdapat di masing-masing jenis. Keseluruh jenis pisang yang disebut di atas sudah amat populer dan mudah dijumpai hampir di seluruh tempat di Indonesia. Melihat kayanya kandungan pisang, mulai sekarang jangan pernah ragu untuk mengonsumsi buah ini, ya!

Read More

Menjaga Tubuh Tetap Bugar dengan Latihan Aerobik

Setiap orang pasti ingin tetap memiliki tulang yang kuat dan tubuh yang bugar, berapa pun usianya. Latihan aerobik secara teratur dapat membantu Anda untuk mencapai hal tersebut.

Ketika mendengar latihan aerobik, otak Anda mungkin langsung mengasosiasikannya dengan senam. Padahal, setiap aktivitas yang melibatkan oksigen dalam proses pembakaran kalori untuk menciptakan energi disebut sebagai latihan aerobik. Jika Anda melakukannya secara teratur, ada banyak sekali manfaat dari latihan tersebut.

Manfaat latihan aerobik

Latihan aerobik dapat disebut juga sebagai latihan kardio, aktivitas atau olahraga yang berutujuan untuk meningkatkan denyut jantung selama waktu tertentu. Melalui latihan aerobik, aliran darah dan oksigen ke otot serta jantung akan meningkat. Efeknya, tubuh pun semakin sehat.

Berikut ini beberapa manfaat dari latihan aerobik yang akan dirasakan oleh tubuh.

1. Membantu menjaga kesehatan jantung

Latihan aerobik direkomendasikan bagi penderita penyakit jantung atau orang yang memiliki risiko penyakit tersebut. Jenis olahraga ini dapat membantu jantung memompa darah dengan lebih efisien ke seluruh tubuh dan membuat jantung lebih kuat.

Dengan latihan aerobik, tekanan darah dan kadar kolesterol “jahat” (LDL) dapat menurun. Itu sebabnya, penderita tekanan darah tinggi dan gangguan kadar kolesterol disarankan melakukan latihan aerobik 3-4 kali seminggu.

2. Membantu menurunkan berat badan

Karena latihan aerobik dapat membakar banyak kalori, maka jenis olahraga ini dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

Namun, untuk memperoleh hasil optimal, latihan aerobik saja tentu tidak cukup. Aktivitas ini perlu diimbangi dengan pola makan yang sehat serta mengurangi asupan kalori harian.

3. Menurunkan risiko diabetes tipe 2

Banyak orang mengira bahwa asupan gula hanya menimbulkan masalah diabetes. Padahal, tingginya kadar gula dapat juga memicu penyakit lain, penyakit jantung misalnya.

Seperti diketahui, masalah diabetes tipe 2 erat kaitannya dengan hormon insulin. Latihan aerobik dapat membantu meningkatkan sensitivitas hormon insulin. Selain itu, latihan ini juga membuat otot-otot menggunakan glukosa dari darah, sehingga mencegah jumlah kadar gula di dalam darah meningkat signifikan.

Seperti halnya proses penurunan berat badan, menjaga kadar gula darah juga perlu diimbangi dengan menjaga pola makan, latihan aerobik saja tidak cukup.

4. Mencegah terjadinya stroke

Penyakit stroke terjadi ketika asupan darah ke otak terhambat. Kondisi ini dapat menimbulkan gangguan serius, bahkan mengancam nyawa.

Kunci untuk mencegah terjadinya stroke adalah menjaga suplai darah ke otak tetap lancar. Dengan latihan aerobik secara rutin, kesehatan pembuluh darah dan jantung dapat terjaga. Sehingga risiko stroke pun lebih kecil.

5. Meningkatkan mood

Layaknya aktivitas fisik atau olahraga lainnya, latihan aerobik juga dapat memicu pengeluaran hormon yang memunculkan rasa senang. Oleh sebab itu, latihan ini dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi kecemasan.

Sebuah penelitian melaporkan bahwa latihan aerobik ringan selama 30 menit memang dapat meningkatkan suasana hati. Salah satunya, Anda dapat berjalan di treadmill. Tidak butuh waktu lama untuk merasakan efeknya, peningkatan suasana hati bahkan dapat langsung dirasakan hanya dengan satu latihan saja.

Anda tidak perlu melakukan latihan aerobik dengan intensitas tinggi. Dalam intensitas ringan atau sedang pun, manfaatnya sudah dapat dirasakan.

Melakukan latihan aerobik secara teratur, setiap hari, dapat membantu badan Anda tetap sehat dan bugar. Dengan demikian, tentu risiko terserang berbagai penyakit pun menjadi lebih rendah.

Read More
Hidup Sehat

Proses Pembuatan Es Krim dan Gelato

Apakah Anda penggemar makanan es krim dan gelato? Di cuaca panas dan paparan terik matahari saat beraktivitas, cocok rasanya menghabiskan waktu tersebut dengan menikmati satu cup es krim ataupun gelato. Namun, kebanyakan orang sering bingung atau bahkan tidak tahu perbedaan antara es krim dan gelato. Meskipun akan sedikit sulit bagi orang awam untuk mengetahui perbedaannya, es krim dan gelato jelas berbeda. Artikel ini akan membahas asal es krim dan gelato serta perbedaan proses pembuatannya.

Sebagai produk pencuci mulut (dessert) yang sangat populer, es krim dan gelato memiliki rasa yang creamy, manis, dan terbuat dari susu dan gula. Masih belum jelas siapa yang pertama kaii menemukan es krim. Namun, jejak awal es krim terlacak pada jaman Cina Kuno. Percampuran antara susu kerbau, tepung, dan es dikatakan sebagai hidangan favorit raja Tang dari Shang. Versi lanjutannya kemudian berbentuk buah, jus, dan madu yang disajikan di atas salju pegunungan. Es krim kemudian berevolusi, dan susu sapi serta kuning telur ditambahkan untuk membuat hidangan yang disajikan bagi kalangan elit. Namun, es krim baru populer pada abad 19, saat kemajuan teknologi dalam industri dairy dan teknik refrigerasi membuat produsen es krim dapat membuat serta mendistribusikan produk mereka dengan murah dan dalam kuantitas yang besar. Mesin es krim pertama dibuat pada pertengahan abad 19. Sementara itu, gelato pertama kali dibuat di Italia. Meskipun sering ada kebingungan asal asli gelato. Beberapa orang percaya gelato pertama kali dibuat di Sicily, sementara orang lain menganggap Florence merupakan tempat asal muasal gelato.

Bagaimana es krim dan gelato dibuat?

Es krim dan gelato masing-masing terbuat dari 3 bahan utama, yaitu dairy, gula, dan udara. Perbedaan antara keduanya ada pada proporis atau takaran dari masing-masing bahan. Dairy (susu, krim, ataupun keduanya) dan gula dicampur hingga rata kemudian dipasteurisasi. Perisa alami atau buatan kemudian ditambahkan ke campuran, lalu udara ditambahkan dengan cara mengaduk campuran sebelum membekukannya. “Overrun” adalah sebuah pengukuran akan seberapa banyak udara ditambahkan ke dalam es krim ataupun gelato dalam proses produksi. Gelato memiliki overrun yang rendah. Sebaliknya, es krim memiliki overrun yang tinggi. Es krim dikocok dengan cepat, sehingga lebih banyak udara masuk ke dalam campuran. Volumenya pun ikut meningkat dalam persentase yang cukup besar apabila dibandingkan dengan gelato. Selain memiliki lebih banyak udara dibandingkan dengan gelato, es krim kaya akan krim atau kandungan lemak yang tinggi. Es krim juga biasanya mengandung kuning telur. Sementara itu, gelato lebih banyak mengandung susu. Kuning telur dapat menambah lemak dan akan bertindak sebagai stabilisator. Es krim komersil juga menambah stabilisator lain yang disebut “guar gum”. Stabilisator ini akan membantu mengikat air dan lemak di adonan es krim. Stabilisator juga akan membuat adonan bebas dari kristal-kristal es yang berukuran besar. Kristal tersebut akan terasa tidak enak atau nyaman untuk dimakan.

Es krim dan gelato merupakan hidangan pencuci mulut yang sangat populer. Teksturnya yang lembut, rasanya yang creamy, dan dingin menjadi makanan yang sangat lezat dikonsumsi saat cuaca panas. Es krim memiliki kandungan lemak yang tinggi, sementara itu gelato bertekstur lebih lembtu dan penuh rasa. Keduanya mengandung banyak gula, namun gelato dibuat dnegan kandungan lemak yang lebih sedikit.

Read More
Hidup Sehat

Mengenal Fungsi Gendang Telinga dan Gangguan yang Mengintainya

Telinga kita dilengkapi dengan gendang telinga yang memiliki peranan penting bagi fungsi pendengaran. Oleh gendang telinga, getaran dari gelombang suara diubah menjadi impuls saraf yang dikirimkan ke otak dan diterjemahkan sebagai suara tertentu. Fungsi gendang telinga yang lain, melindungi telinga bagian dalam dari infeksi serta dari masuknya benda asing.

Fungsi gendang telinga

Gendang telinga berbentuk bulat dengan diameter sekitar 10 mm. Di dalam gendang telinga terdapat cekungan, yang disebut cekungan maleus. Bagian gendang telinga sendiri terbagi dua, yaitu bagian yang posisinya lebih tinggi dari cekungan maleus serta bagian dengan area yang lebih besar, disebut pars tensa.

Seperti telah disebutkan sebelumnya, fungsi gendang telinga adalah menerima getaran suara dari luar, mengubah getaran suara tersebut secara mekanis, serta menyalurkan getaran suara ke tulang-tulang pendengaran. Tergantung getaran yang masuk, tingkat ketegangan gendang telinga

Tak hanya itu, gendang telinga juga berfungsi sebagai pembatas antara telinga luar dan tengah. Maksudnya, untuk menghindari benda asing masuk ke dalam telinga tengah.

Waspada gangguan pada gendang telinga

Pernahkah Anda membersihkan telinga dengan menggunakan cotton bud atau korek kuping? Tampaknya, hal ini cukup umum dilakukan oleh banyak orang. Akan tetapi, tahukah Anda, alih-alih membersihkan cara tersebut justru dapat mendorong kotoran masuk ke dalam telinga dan menyebabkan gangguan pada gendang telinga.

Sebetulnya, Anda tidak perlu mengorek kotoran telinga sebab lubang telinga memiliki kemampuan untuk membersihkan dirinya sendiri. Selain kebiasaan mengorek telinga, masih ada berbagai hal lain yang dapat menyebabkan kerusakan dan gangguan fungsi gendang telinga, antara lain:

– Radang gendang telinga tengah

Dalam istilah medis, radang gendang telinga tengah disebut otitis media. Kondisi ini terjadi akibat adanya infeksi, baik disebabkan oleh virus maupun bakteri. Penderitanya akan mengalami nyeri pada telinga, keluar cairan dari telinga, hingga gangguan pendengaran.

– Infeksi telinga

Salah satu hal yang dapat memicu terjadinya infeksi tersebut adalah membersihkan telinga terlalu dalam dengan menggunakan cotton bud. Infeksi juga dapat terjadi karena pilek, infeksi tenggorokan, atau terjadi serangan alergi. Adanya infeksi pada telinga sering kali menyebabkan pecahnya gendang telinga, terlebih pada anak-anak.

Terjadinya infeksi dapat menyebabkan penumpukkan cairan di belakang gendang telinga. Tekanan dari cairan yang menumpuk tersebut akan membuat gendang telinga pecah.

– Barotrauma

Barotrauma atau perubahan tekanan merupakan suatu cedera telinga akibat perubahan tekanan yang drastis. Artinya, tekanan di luar telinga berbeda dengan tekanan di dalam telinga, dan hal tersebut terjadi secara tiba-tiba.

Tak hanya akan mengganggu fungsi gendang telinga, kondisi ini juga dapat menyebabkan pecahnya gendang telinga.

– Cedera akibat trauma fisik

Cedera yang disebabkan oleh trauma fisik jelas dapat terjadi. Manifestasinya, gendang telinga dapat pecah. Jika sudah demikian, fungsi gendang telinga sudah pasti terganggu.

Pukulan keras dan langsung pada telinga misalnya, merupakan salah satu trauma fisik yang dapat menyebabkan cedera telinga.

– Trauma akustik

Berbeda dengan trauma fisik, trauma akustik terjadi karena seseorang terlalu sering terpapar suara yang terlalu keras. Meskipun jarang terjadi, kondisi ini tetap dapat memicu kerusakan pada gendang telinga.

Jadi, sebaiknya Anda tidak sembarangan membersihkan telinga. Sebab bila keliru dapat menimbulkan gangguan dan merusak fungsi gendang telinga. Berkonsultasilah dengan dokter, jika Anda merasa perlu dilakukan tindakan pembersihan telinga.

Read More

Wajib Tahu, Ini 5 Penggolongan Obat di Indonesia

Pernahkan Anda kesulitan membeli obat di apotek tanpa resep dokter? Namun di waktu yang berbeda, Anda bisa membeli berbagai obat di apotek, meskipun tidak ada resep dokter di kantong. Tidak perlu heran. Perlu tidaknya resep dokter untuk membeli obat di apotek sangat bergantung dengan penggolongan obat yang hendak Anda beli.

Macam-macam penggolongan obat dibuat berdasarkan tingkat risiko dari pemakaian obat tersebut. Semakin tinggi tinggi risikonya, semakin sulit pula obat tersebut didapatkan secara bebas di toko obat maupun apotek.

Tiap negara biasanya memiliki aturan sendiri mengenai penggolongan obat di wilayahnya secara spesifik, tidak terkecuali di Indonesia. Di negeri ini, setidaknya ada beberapa jenis golongan obat yang perlu Anda ketahuI berdasarkan jenis peredarannya.

Obat bebas  

Namanya obat bebas artinya Anda bisa mendapatkannya di mana saja. Tidak hanya di farmasi rumah sakit ataupu apotek, obat yang tergolong obat bebas bahkan bisa Anda peroleh di warung-warung dekat rumah Anda. Sifat obat ini hanya meringankan gejala penyakit karena itu kerap dianjurkan apabila tidak berefek segera ke dokter. Tanda obat herbal bisa Anda temukan dalam lambang lingkaran berwarna hijau dengan tepian hitam di bagian sudut kemasan obat tersebut.

Obat bebas terbatas

Penggolongan obat lainnya yang bisa Anda beli bebas di apotek dan toko obat adalah jenis obat bebas terbatas. Jenis obat ini juga tidak memerlukan resep dokter karena dinilai cukup aman dikonsumsi dalam kadar tertentu. Perbedaannya dengan obat bebas, biasanya di jenis obat bebas terbatas adalah tulisan peringatan yang menyatakan obat tersebut obat keras. Kemasan obat bebas terbatas juga memiliki tanda khusus, yaitu ada lingkaran biru dengan tepian garis hitam di salah satu bagian sudutnya.

Obat wajib apotek

Pernah tidak ketika Anda merasa tidak enak badan, kemudian apoteker di apotek tersebut menyarankan suatu obat yang tergolong obat keras, tapi tidak memerlukan resep dokter. Obat seperti itu termasuk penggolongan obat wajib apotek. Pembeliannya biasanya harus dengan persetujuan apoteker yang terdaftar. Ketika membeli jenis obat ini, biasanya apoteker akan meminta data diri Anda berikut memberi penjelasan lengkap mengenai fungsi dan risiko obat tersebut.

Obat keras

Disebut sebagai obat keras karena faktor risiko yang mengintai dari pemakaian obat tersebut. Tidak hanya bisa berefek menyembuhkan, jika salah digunakan, penggolongan obat yang berjenis keras ini justru dapat memperparah penyakit yang Anda alami dan dapat juga berujung pada kematian. Karena itulah, obat yang dulunya dikenal sebagai daftar obat G ini hanya boleh dibeli dengan resep dokter dan mesti ditebus di rumah sakit ataupun apotek terdaftar. Logo dari penggolongan obat ini sendiri saat ini harus lingkaran merah dengan tepian garis hitam. Di tengah logo lingkaran tersebut, terdapat lambang huruf K berwarna hitam pula.

Obat psikotropika dan narkotika

Psikotropika dan narkotika nyatanya juga termasuk dalam jenis obat. Hanya saja, penggunaannya sangat diawasi. Anda pun tidak bisa sembaragan memiliki obat dengan golongan psikotropika maupun narkotika. Jenis obat psikotropika ditujukan untuk memberikan manfaat pada sistem saraf. Biasanya penggolongan obat yang dilambangkan sama dengan obat keras ini diberikan pada pasien-pasien yang memiliki penyakit saraf parah. Sementara itu, jenis obat narkotika dilambangkan dengan symbol lingkaran merah dengan tepian hitam, yang bagian tengahnya terdapat palang. Narkotika sendiri ditujukan pada pasien yang memiliki keluhan sakit parah. Jenis obat ini digunakan untuk mengurangi rasi sakit dan nyeri yang dialami pasien bersangkutan.

*** Penggolongan obat di Indonesia seperti di atas merupakan ketetapkan dari Kementerian Kesehatan. Menyadari dampak dan risiko dari tiap golongan obat-obat tersebut, Anda baiknya selalu memeriksa dan bertanya jika tidak tahu kepada dokter mengenai penggolongan obat yang diberikan kepada Anda.

Read More

Manfaat Bunga Melati yang Tersimpan di Balik Harumnya

manfaat bunga melati bagi kecantikan dan kesehatan

Di Indonesia, melati bukanlah bunga yang sembarangan. Hampir di tiap prosesi adat dan kebudayaan di kepulauan Nusantara, melati hadir, tidak hanya sebagai pelengkap. Melati memiliki peran tersendiri, tergantung ritus apa yang dijalankan. Melati juga merupakan bunga nasional Indonesia. Oleh karenanya, bunga ini memiliki tempat khusus di bumi pertiwi. Terang saja, di balik harum dan keindahannya, manfaat melati juga amat beragam.

Artikel ini akan memaparkan beragam dari manfaat melati bagi kesehatan. Tanaman yang menyimpan senyawa kimia positif di daun dan bunganya ini, mungkin, mengilhami nenek moyang kita dahulu untuk memanfaatkannya untuk keperluan hidup sehari-hari. Banyak tim peneliti dari berbagai universitas di Indonesia yang melakukan penelitian untuk mengkonfirmasi hal itu. Hasilnya menyenangkan, bahwa banyaknya kandungan di dalamnya membuat berbagai kalangan sepakat memasukkan tanaman ini sebagai salah satu herbal yang bermanfaat bagi manusia.

Beberapa kandungan seperti seperti minyak eteris (zat berbau), indole, linalcohol, asetat benzilic, alkohol benzilic, livalylacetaat, dan jasmon terdapat di dalamnya. Bunga dan daun melati (Jasminum sambac) juga memiliki kandungan kimia yang berpotensi farmakologi seperti glycosid, saponin, terpenoid, dan flavonoid. Flavonoid berpotensi sebagai antioksidan dan mempunyai kerja yang dibutuhkan dalam proses penyembuhan luka seperti antibakteri.

Nah, berangkat dari situ, banyak orang percaya bahwa yang tertulis di bawah ini adalah beberapa manfaat bunga melati untuk kesehatan manusia, antara lain:

  1. Mengobati Stres

Bunga melati terkenal memiliki aroma harum yang khas. Aroma ini dipercaya bisa memberikan efek relaksasi. Menurut Balai Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat, aroma tersebut berasal dari minyak atsiri atau yang dikenal dengan jasmine oil. Minyak atsiri yang berasal dari melati banyak digunakan untuk parfum dan kosmetika.

Untuk itu, rutin mengonsumsi satu cangkir teh bunga melati dipercaya dapat membuat saraf yang tadinya tegang menjadi tenang. Ini juga membuat kulit lebih cantik setiap saat.

  1. Menurunkan Berat Badan

Bunga melati dapat menurunkan berat badan apabila dikombinasikan dengan teh hijau. Sebab bunga melati dan teh hijau memiliki banyak kandungan antioksidan dan Epigallocatechin Gallate (EGCG) yang bekerja efektif di tubuh untuk proses pembakaran lemak.

  1. Mencegah Kolesterol

Kolesterol yang ada pada tubuh manusia ada dua jenis, ada yang bersifat baik dan jahat. Kolesterol jahat atau biasa disebut dengan low-density lipoprotein atau LDL merupakan penyebab terjadinya penyumbatan pembuluh darah yang membuat darah tidak bisa mengalir dengan lancar.

Manfaat ini dipercaya lantaran kandungan senyawa aktif, yang bersifat farmakologi atau berpotensi sebagai obat, begitu kaya di dalam bunga melati. 

  1. Melawan Tanda-Tanda Penuaan

Minum satu cangkir teh bunga melati setiap hari dipercaya akan mencegah penuaan karena tanaman ini bermanfaat untuk melawan radikal bebas yang menyebabkan kerutan di kulit termasuk kulit kering.

Untuk mendapatkan manfaat bunga melati ini, Anda bisa membuat membuat masker tubuh dari bunga melati. Caranya:

  • Siapkan segenggam bunga melati, air mawar, atau olive oil
  • Tumbuk halus bunga melati dan tambahkan air mawar atau olive oil
  • Oleskan pada bagian tubuh dengan merata dan diamkan 15-20 menit
  • Bilas tubuh hingga bersih
  • Untuk memberi hasil kulit yang cantik dan bersih anda dapat melakukannya 2-3 kali dalam seminggu.
  1. Menyeimbangkan Gula Darah

Teh bunga melati memiliki manfaat untuk menyeimbangkan gula darah dalam tubuh. Pasalnya, Bunga melati putih memiliki khasiat sebagai anti radang, merangsang keluarnya keringat (diaforetik), peluruh air seni (diuretik), dan lain-lain. Itu semua berkaitan dengan metabolisme tubuh. Artinya, konsumsi melati akan membuat metabolisme tubuh terjaga. Adapun terjaganya metabolisme tubuh bisa menghindarkan seseorang dari diabetes.

Untuk penderita diabetes sebaiknya mengonsumsi teh bunga melati tanpa menggunakan gula. 

  1. Atasi Insomnia

Anda juga bisa memanfaatkan bunga melati bila susah tidur. Caranya:

  • Ambillah akar bunga melati sebanyak 1-1,5 gram dan cuci hingga bersih
  • Tumbuk akar bunga melati tersebut dan tambahkan air secukupnya
  • Saring dan minum hingga habis
  1. Mengobati Sakit Kepala

Anda bisa menggunakan bunga melati sebagai obat herbal untuk mengobati demam dan sakit kepala. Caranya:

  • Siapkan segenggam bunga melati yang telah dibersihkan
  • Remas-remas bunga melati dan rendam dalam air
  • Gunakan air bunga melati untuk mengompres dahi
  1. Mengobati Sesak Nafas

Manfaat bunga melati selanjutnya adalah mengobati sesak nafas. Pasalnya, minyak eteris yang terkandung di dalamnya dapat berperan sebagai aromaterapi. Untuk menggunakan melati untuk mengobati sesak nafas caranya sangat mudah, yaitu:

  • Rebus 20 lembar kelopak bunga melati dengan garam dan 3 gelas air
  • Tunggu hingga rebusan air mendidih dan hanya tersisa untuk dua gelas
  • Sesudah air rebusan dingin, saring air rebusan bunga melati tersebut dan minum
  • Lakukan ini dua kali sehari yaitu saat pagi dan sore
  1. Meredakan Sengatan Lebah atau Serangga Lain

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kandungan di dalam bunga melati amat baik bagi kulit manusia. Sifatnya sebagai antioksidan bisa membuat luka di permukaan kulit lebih cepat reda. Anda juga dapat menggunakan bunga melati untuk mengatasi sengatan lebah yang sangat beracun. Caranya:

  • Siapkan segenggam bunga melati dan remas-remas hingga halus.
  • Tempelkan bunga melati yang sudah halus ke bagian tubuh yang tersengat lebah atau serangga.

Kira-kira itulah beragam manfaat bunga melati bagi kesehatan jasmani seorang manusia. Tak ada salahnya untuk sesekali mencoba mengonsumsi atau menggunakan bunga melati di keseharian Anda. Kendati mungkin beberapa di antara yang tertulis di atas belum teruji secara klinis, tetapi bunga melati adalah bahan alami, sehingga minim risiko.

Read More

9 Obat Penumbuh Rambut yang Paling Ampuh Mengatasi Rontok

Kerontokan atau penipisan rambut kerap menjadi keluhan banyak orang. Gaya hidup yang serba modern, paparan polusi dan penggunaan produk perawatan rambut berbahan kimia bisa menyebabkan rambut rentan menipis. Tidak perlu khawatir, saat ini ada banyak obat penumbuh rambut alami atapun kimia yang bisa Anda jadikan solusi untuk mengatasi kerontokan.

Tetapi tentu saja, pertumbuhan rambut seseorang juga bergantung pada banyak faktor, termasuk faktor genetik atau keturunan. Selain itu, apabila kerontokal rambut terjadi karena kondisi medis tertentu, coba konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter sebelum mencoba obat penumbuh rambut.

Obat penumbuh rambut

Berikut ini beberapa obat penumbuh rambut yang bisa Anda coba:

  1. Minyak kelapa

Salah satu obat penumbuh rambut yang bisa mengembalikan hilangnya protein dari rambut rusak adalah minyak kelapa. Kandungan asam laurat pada minyak kelapa mampu memperbaiki tingkat kelembapan kulit kepala dan juga rambut.

Obat penumbuh rambut yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang kerap menggunakan produk perawatan rambut kimia. Caranya adalah dengan memijat kelapa dengan 2 sendok makan. Diamkan selama 1 jam sebelum membilasnya dengan sampo lembut.

  • Yogurt

Tidak hanya lezat dan sehat, ternyata yogurt juga bisa menjadi obat penumbuh rambut. Kandungan probiotik yang ada dalam yogurt bisa merangsang pertumbuhan rambut dan mencegah kerusakan rambut. Jadi, konsumsi satu porsi yogurt setiap hari bisa menjaga kesehatan rambut.

  • Ekstrak bawang putih

Walapun baunya terlalu kuat, tapi ekstrak bawang putih juga ampuh sebagai obat penumbuh rambut. Kandungan fitokimia yang terdapat pada esktrak bawang putih mampu merangsang pertumbuhan rambut. 

Caranya, ambil sari-sari bawang putih dan aplikasikasikan ke kulit kepala. Diamkan sealam 1 jam sebelum membilasnya dengan sampo. Anda bisa melakukan cara ini setidaknya 2 kali dalam sepekan untuk mencegah rambut rontok.

  • Teh hijau

Tidak hanya kaya antioksidan dan baik untuk kesehatan, teh hijau juga bisa merangsang pertumbuhan rambut. Kandungan bioktif dalam teh hijau bisa mengurangi risiko kerontokan rambut. Teh hijau ini bisa Anda konsumsi 1-2 kali dalam sehari. Namun apabila Anda mengonsumsi obat pengencer darah, sabaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter untuk menghindari efek samping.

  • Ginseng

Sejak lama, ginseng selalu menjadi bahan alami perawatan rambut termasuk sebagai obat penumbuhan rambut. Kandungan dalam ginseng bisa merangsang pertumbuhan rambut. Caranya adalah dengan memijat kulit kepala dengan beberapa sendok makan ginseng. Kemudian, diamkan selama 1 jam dan bilas dngan sampo. Anda bisa melakukan cara ini dua kali dalam seminggu.

  • Lemon

obat penumbuh rambut dari bahan alami berikutnya adalah lemon. Caranya, aplikasikan perasan lemon pada kulit kepala 15 menit sebelum mencuci rambut. Kandungan yang terdapat pada lemon dapat mempercepat pertumbuhan rambut.

  • Kopi

Kandungan kafien dalam kopi juga bisa menjadi obat penumbuh rambut yang alami. Selain itu, kafein juga bisa memperkuat rambut sehingga bisa tumbuh lebih Panjang. Caranya adalah dengan mengonsumsi kopi setidaknya satu kali sehari.

  • Minoxidil

Kandungan kimia yang bisa menjadi obat penumbuh rambut biasanya adalah minoxidil. Rata-rata produk penumbuhan rambut yang dijual di pasaran mengandung 5% minoxidil dan bisa digunakan oleh laki-laki maupun perempuan. Namun terkadang ada reaksi alergi akibat minoxidil.

  • Finasteride

Kerontokan rambut yang disebabkan karena autoimun terhadap folikel biasanya diatas dengan finasteride. Tentunya, konsumsi obat penumbuh rambut yang mengandung finasteride harus atas persetujuan dokter.

Selain itu, pastikan tubuh tetap terhidrasi untuk mencegah rasa gatal atau kering pada kulit kepala. Mengonsumsi makanan yang akan asam lemak omega-3 juga bisa mencegah kerontokan.

Read More
Hidup Sehat

Berkat Teh Hijau, Minum Teh Setelah Makan Menyehatkan

Apabila Anda ingin menurunkan berat badan, memilih minuman yang tepat sama pentingnya dengan memilih makanan yang sehat. Misalnya saja, Anda ingin mengganti minuman berkalori tinggi dengan minuman yang rendah kalori seperti teh hijau. Teh hijau juga memiliki manfaat kesehatan tambahan lainnya dalam mengurangi berat badan. Namun, untuk benar-benar mengurangi berat badan dalam jumlah yang signigikan, minum teh hijau saja tidak cukup. Anda bisa minum teh hijau setelah makan. Namun, agar bisa mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal, ada baiknya meminumnya sebelum makan. Artikel ini akan membahas manfaat teh hijau dalam menurunkan berat badan, sekaligus fungsinya dalam meningkatkan fungsi metabolisme.

Menurut studi yang diterbitkan di Jurnal Kampus Nutrisi Amerika 2010, meminum empat cangkir teh hijau atau 4 cangkir air yang dicampur ekstrak teh hijau dapat membantu mereka yang menderita obesitas dalam menurunkan berat badan. Mereka yang minum teh setelah makan dapat menurunkan berat badan lebih dari 2 kg dalam studi yang dilakukan selama 8 minggu tersebut dibandingkan dengan mereka yang hanya meminum air putih. Sementara itu, mereka yang mengonsumsi ekstrak teh hijau mengalami penurunan berat badan sebesar 1.5 kg. Hal ini mungkin disebabkan karena kandungan EGCG, sebuah zat yang ditemukan di dalam teh hijau yang diklasifikasikan sebagai katekin.

Mengonsumsi katekin yang banyak ditemukan di dalam teh hijau dapat membantu wanita dalam menurunkan berat badan dan menghilangkan lemak tubuh, termasuk lemak perut, menurut studi yang diterbitkan di jurnal Obesitas pada bulan Juni 2017. Studi lain yang diterbitkan pada Penelitian Obesitas tahun 2005 menemukan bahwa campuran kafein dan EGCG dalam teh hijau dapat membantu meningkatkan metabolisme dan proses pembakaran lemak, sehingga dapat mengurangi berat badan dan lemak, dibandingkan dengan mengonsumsi placebo. Artikel ulasan yang diterbitkan pada Jurnal Nutrisi Biokimia pada bulan Januari 2011 menunjukkan bahwa kafein dan katekin dapat bekerja secara sinergis yang masing-masing meningkatkan potensi manfaat mengurangi berat badan satu sama lain.

Namun, Anda harus menemukan waktu meminum teh hijau yang tepat. Akan lebih baik apabila Anda tidak meminum teh hijau di waktu yang bersamaan dengan mengonsumsi produk-produk yang terbuat dari susu karena susu dapat menghambat efek teh hijau dalam manfaatnya terhadap metabolisme tubuh. Walaupun minum teh setelah makan masih menyediakan manfaat kesehatan berupa kafein dan katekin yang dapat mengurangi berat badan, akan lebih baik apabila Anda minum teh hijau sebelum makan. Meminum teh hijau sebelum makan dapat membuat Anda merasa kenyang sehingga Anda akan makan dalam porsi yang sedikit. Menurut studi pada obesitas yang diterbitkan tahun 2011, bahkan meminum air putih biasa sebelum makan dapat membantu mengurangi berat badan. Meskipun Anda bisa minum teh setelah makan (khusus teh hijau), Anda tetap harus melakukan olahraga guna meningkatkan efek penurunan berat badan. Olahraga penting terutama ketika Anda mencoba menurunkan berat badan, karena dengan bersamaan minum teh hijau, lemak akan berkurang dan tubuh dapat membantu mengurangi otot yang hilang. Studi yang diterbitkan dalam Jurnal Nutrisi tahun 2009 menemukan bahwa kombinasi olahraga setidaknya 180 menit per minggu dan minum teh hijua dapat mengurangi lemak perut jika dibandingkan dengan olahraga saja. Seperti yang kita tahu, lemak perut adalah salah satu jenis lemak paling berbahaya karena dapat meningkatkan risiko beberapa penyakit serius seperti diabetes tipe 2 dan juga penyakit jantung.

Read More