Menilik Mati Suri dari Kacamata Medis

Istilah mati suri sebenarnya bukanlah suatu hal asing yang belum pernah sama sekali didengar. Seseorang yang mengalami mati suri, akan kembali hidup setelah ia dinyatakan meninggal dunia, itulah pengertian mati suri yang biasanya dikenal di kalangan masyarakat. Namun, bagaimana konsep mati suri sebenarnya dalam dunia medis?

mati suri

Dalam dunia medis, mati suri dikenal dengan Lazarus syndrome yang berarti kembalinya sirkulasi spontan yang tertentu setelah dilakukan tindakan CPR. Meski begitu, teori Lazarus syndrome ini tetap menimbulkan pertanyaan besar. Di bawah ini, terdapat beberapa teori yang diyakini berkaitan erat dan mampu menjelaskan fenomena mati suri pada manusia.

Mati suri dari segi medis

Telah disebutkan sebelumnya, bahwa istilah Lazarus syndrome mengacu pada kembalinya sirkulasi spontan yang sebelumnya tertunda setelah seseorang telah diberikan resusitasi jantung paru atau CPR. Kata Lazarus itu sendiri diambil dari nama Lazarus, seorang Betania dalam Alkitab, yang diyakini dibangkitkan kembali oleh Yesus setelah empat hari dinyatakan meninggal dunia.

Para ahli meyakini, bahwa jumlah fenomena mati suri yang sebenarnya terjadi, lebih besar dibanding dengan data yang dilaporkan.

Beberapa kemungkinan penyebab terjadinya mati suri pada manusia, antara lain:

  • Lazarus syndrome

Para ahli menjelaskan bahwa Lazarus syndrome terjadi saat ada akumulasi tekanan pada dada setelah tindakan CPR dilakukan. Ketika CPR dihentikan, tekanan akan berkurang, sehingga fungsi kerja jantung dapat kembali normal. Kondisi ini berpeluang menjadi penyebab mengapa seseorang dapat tersadarkan kembali.

Ada juga kemungkinan lain, ketika obat yang diberikan melalui pembuluh darah perifer tidak tersalurkan secara sempurna. Setelah pembuluh darah kembali pada ukuran semula, obat baru dapat tersalurkan dengan baik dan akhirnya menyebabkan orang tersebut tersadarkan kembali.

  • Kondisi medis

Dunia medis mengenali dua jenis kematian, yaitu kematian klinis dan biologis. Kematian klinis merujuk pada kondisi ketika tidak ada detak jantung dan napas pada seseorang. Di sisi lain, kematian biologis merujuk pada tidak adanya aktivitas pada otak manusia.

Walaupun begitu, diagnosis kematian klinis pada manusia terbilang cukup rumit. Terdapat beberapa kondisi medis yang dapat membuat seseorang seolah-olah telah meninggal dunia, namun pada kenyataannya masih hidup.

  • Hipotermia

Istilah hipotermia terjadi ketika tubuh mengalami penurunan temperatur ekstrem akibat suhu dingin di sekitarnya. Seseorang yang mengalami hipotermia menyebabkan detak jantung dan napas seseorang melambat, hingga di suatu titik tertentu tidak dapat terdeteksi lagi. Pada kondisi itulah, seseorang dianggap telah meninggal dunia.

Di samping itu, sirkulasi darah seseorang yang mengalami hipotermia akan terhenti. Namun, fungsi kerja saraf masih bekerja.

Antara kematian klinis dan biologis

Kematian klinis merujuk pada kondisi ketika jantung dan napas seseorang tidak lagi bekerja. Kematian klinis pada kenyataannya dapat dikembalikan. Ketika seseorang mengalami serangan jantung dan diberikan tindakan CPR, terdapat peluang yang cukup menjanjikan dalam menyelamatkan nyawa orang yang bersangkutan.

Sementara itu, kematian biologis merujuk pada kondisi ketik otak manusia tidak bekerja lagi. Memang, secara medis tubuh dapat tetap berfungsi walau otak manusia dinyatakan sudah mati, karena jantung dapat bekerja tanpa ada intervensi dari otak.

Secara garis besar, kematian klinis merupakan alasan paling logis mengapa fenomena mati suri dapat terjadi.

Read More

Rekomendasi Makan Sehat untuk Vitamin Hati yang Optimalkan Fungsi Organ Ini

sumber vitamin hati yang baik bagi kesehatan organ hati

Hepatitis, sirosis hati, perlemakan hati, dan penyakit liver lainnya dapat dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat. Jika Anda masih khawatir akan risiko mengalami liver, memenuhi kebutuhan vitamin hati tidak ada salahnya. Rekomendasi asupan makanan untuk vitamin hati ini dapat dengan mudah Anda olah dan konsumsi. Tidak repot, tapi dapat optimalkan fungsi organ hati. Mari simak rekomendasi vitamin hati berikut!

Rekomendasi makanan sehat untuk vitamin hati

  • Vitamin E

Mungkin Anda lebih mengenal manfaat vitamin E untuk kesehatan kulit. namun, nyatanya vitamin E dapat menjadi vitamin hati yang sudah larut dalam lemak. Di dalam vitamin E terkandung zat antioksidan yang berfungsi untuk melindungi sel dari radikal bebas. Tanpa Anda sadari, radikal bebas yang diserap tubuh jika tidak dikendalikan dapat memicu stres oksidatif, sehingga menyebabkan timbulnya penyakit kronis, seperti kanker dan jantung. 

Hal ini dikuatkan oleh hasil penelitian yang menyebutkan bahwa efek antioksidan vitamin E dapat menurunkan stres oksidatif pada penyakit akibat perlemakan hati non-alkoholik. Sumber vitamin E dapat Anda peroleh dari makanan berikut ini:

  1. Alpukat
  2. Mangga
  3. Kiwi
  4. Paprika merah
  5. Kacang tanah
  6. Biji bunga matahari
  7. Kacang almond
  8. Kacang Brazil
  • Vitamin C

Jika biasanya Anda mendengar fungsi vitamin C untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, vitamin ini juga berperan sebagai vitamin hati. Cara kerja vitamin C ini serupa dengan vitamin E, yang mengendalikan radikal bebas, sehingga tidak memicu stres oksidatif. Seseorang yang kekurangan vitamin C berisiko mengalami penyakit perlemakan hati non-alkohol dan steatohepatitis non-alkohol. Sumber vitamin C dapat Anda peroleh dengan mudah dari makanan ini:

  1. Jeruk
  2. Stroberi
  3. Pepaya
  4. Lemon
  5. Brokoli
  6. Paprika kuning
  7. Kiwi
  8. Jambu biji
  • Vitamin D

Vitamin D merupakan salah satu sumber bagi vitamin hati. Beberapa orang menyebut vitamin D sebagai vitamin matahari, karena memang vitamin ini didapatkan tubuh dari terkena paparan sinar UV. Vitamin D bersifat larut lemak yang kemudian disintesis oleh tubuh. 

Dalam sebuah jurnal Nutrients, disebabkan bahwa seseorang yang kekurangan vitamin D sering kali dikaitkan dengan penyakit perlemakan hati non-alkohol. Dengan memenuhi kebutuhan vitamin D dalam tubuh, penyakit kerusakan hati tersebut dapat diatasi. 

Sumber vitamin D dapat Anda peroleh dari beberapa jenis makanan, seperti ikan makarel, salmon, herring, sarden, minyak ikan cod, dan juga kuning telur.

  • Vitamin B12 dan B9

Jenis vitamin B, seperti vitamin B12 yang merupakan kobalamin dan vitamin B9 (folat), sering kali dikaitkan dengan fungsi dan kinerja organ hati. Dalam sebuah hasil penelitian yang dimuat dalam jurnal Nutrients, disebutkan bahwa kekurangan dua zat tersebut, folat dan kobalamin, dapat memperparah penyakit steatohepatitis non-alkohol. 

Meskipun begitu, memang masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengonfirmasi dan menguatkan hasil penelitian yang sudah ada, mengenai manfaat kobalamin dan folat sebagai vitamin hati. Tentunya, Anda tetap harus mencukupi kebutuhan dua zat penting ini untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

Sumber vitamin B12 dapat Anda peroleh dari ikan sarden, tuna, kerang, dan organ hati hewan. Sedangkan, vitamin B9 dapat Anda peroleh dengan mengonsumsi telur, sayuran hijau, buah sitrus, dan brokoli.

Read More

Penyakit Berbahaya di Balik Bintik Merah pada Kulit

Kulit merupakan bagian terluar dari tubuh manusia. Keberadaannya seakan menjadi “tameng” bagi bagian atau organ yang diselubunginya. Selain itu, kulit juga menjadi bagian tubuh yang paling terpapar oleh lingkungan, sehingga tak jarang banyak masalah terjadi pada kulit. Bintik merah pada kulit mungkin jadi salah satu kondisi yang menandakan tengah ada yang tidak beres di tubuh kita.

bintik merah pada kulit

Hampir semua orang pernah mengalami atau mendapati adanya bintik merah pada kulit mereka. Paling sering keadaan itu berlangsung setelah digigit serangga, seperti nyamuk, misalnya. Karena sifatnya timbul tenggelam, banyak orang yang menyepelekan kondisi ini.

Namun, tahukah Anda bahwa ada beberapa penyakit berbahaya di balik bintik merah pada kulit? Penyakit-pemyakit yang terangkum di bawah ini mungkin akan menjurus ke arah atau kondisi lebih serius jika tidak ditangani.

Oleh karenanya, penting untuk mengetahui apa-apa saja penyakit berbahaya di balik munculnya bintik merah pada kulit manusia. Berikut di antaranya:

  • Cacar Api

Penyakit ini kerap juga dikenal dengan herpes zoster, shingles, atau cacar ular. Penyakit yang identik sekali dengan bintik merah pada kulit ini disebabkan oleh virus varicella-zoster. Cacar api terjadi ketika virus yang telah menetap di kulit memperbanyak diri (multiplikasi) dan memicu bintik-bintik kecil berwarna merah di daerah sekitar kulit yang dilalui virus tersebut.

Bintik-bintik merah itu berisi cairan dan teksturnya akan menggelembung. Penderita penyakit ini akan menderita rasa sakit seperti terbakar dan kulit menjadi sensitif selama beberapa hari hingga satu minggu.

Cacar api cenderung menyerang orang lanjut usia dan penderita penyakit imunosupresif (sistem imun lemah) seperti AIDS, leukemia, lupus, dan limfoma. Penularan virus ini dapat terjadi mulai dari kontak langsung, hingga transmisi melalui pernapasan, sehingga virus tersebut dapat menjadi epidemik di antara inang yang rentan.

  • Demam Dengue

Sudah bukan rahasia jika salah satu indikasi seseorang terserang demam berdarah dengue (DBD) adalah munculnya bintik merah pada kulit. Tanda itu bisa muncul hampir di seluruh bagian tubuh.

Selain adanya bintik-bintik merah, penderita DBD juga merasakan nyeri sendi dan otot yang parah. Itu belum termasuk tanda lain seperti demam tinggi selama beberapa hari.

  • Biduran

Biduran, urtikaria, kaligata, atau ragam sebutan lainnya kerap dikaitkan dengan kondisi seseorang yang tidak tahan terhadap cuaca atau suhu dingin. Biasanya, penderita akan mendapati di hampir seluruh bagian kulitnya muncul bintik, cenderung ke arah bentol berwarna kemerahan. Bentol atau bintik kemerahan itu dihasilkan dari pelepasan histamin dari jaringan sel mast dan dari sirkulasi basofil.

Penderita juga merasakan gatal dan kadang sensasi panas di area yang ditumbuhi bintik merah pada kulit tersebut. Sebenarnya, biduran adalah kondisi kelainan kulit berupa reaksi vaskular terhadap bermacam-macam sebab, biasanya dikarenakan oleh suatu reaksi alergi.

Seperti yang disampaikan sebelumnya, bahwa biduran tidak hanya terjadi lantaran suhu dingin. Namun, sejumlah faktor punya andil dalam memicu kondisi ini. Ada faktor imunologi dan nonimunologik. Faktor-faktor nonimunologik meliputi bahan-bahan kimia, obat-obatan tertentu (termasuk morfin dan kodein), makan makanan laut (lobster, kerang, udang), toksin bakteri, hingga kontak fisik.

  • Eksim

Kondisi yang kerap menyasar anak-anak ini juga dikenal sebagai dermatitik atopik. Penyebabnya tidak diketahui secara pasti. Namun, kemungkinan faktor genetik dan lingkungan yang kurang bersih dapat meningkatkan risiko terjadinya kondisi ini.

  • Kudis dan Kurap

Kurap dan kudis merupakan dua penyakit kulit yang umum terjadi lantaran pola dan kebiasaan hidup kurang sehat, serta lingkungan yang tidak bersih. Kedua penyakit ini mudah sekali menular dari satu orang ke orang yang lain.

Kurap disebabkan oleh infeksi jamur dermatofit, sementara kudis disebabkan oleh tungau Sarcoptes scabiei, orang Indonesia mengenal parasit penyebab kudis ini sebagai “kutu bangsat” atau “kutu kasur”.

Kurap membuat kulit membentuk bagian kecil, berbentuk lingkaran merah muda, yang kasar berbentuk lingkaran merah muda. Adapun kudis membuat timbulnya ruam dan rasa gatal yang hebat di bagian tubuh yang terserang.        

***

Secara umum, bintik merah pada kulit memang tidak menandakan penyakit atau kondisi medis yang serius. Namun, bukan berarti kita bisa menyepelekannya begitu saja. Lebih baik cari tahu terlebih dahulu apa yang memicu timbulnya kondisi tersebut. Siapa tahu, itu merupakan kondisi yang butuh perhatian lebih dari kita ‘kan? Jadi, jangan dipandang sebelah mata, ya!

Read More

Ini Tanda-Tanda Kalau Anda Menderita Gangguan Depersonalisasi

Pernahkah Anda merasakan sensasi seolah-olah berada di luar tubuh? Bagi sebagian orang, pengalaman ini terkesan seperti pengalaman mistis. Akan tetapi, kondisi ini sebenarnya merupakan kondisi medis yang disebut dengan gangguan depersonalisasi.

gangguan depersonalisasi

Penderita gangguan depersonalisasi merasa berada di luar tubuh, bahkan memperhatikan tindakan tubuh dari jarak jauh. Anda akan merasa dunia di sekitar Anda tidak nyata dan seluruh benda serta orang di sekitar Anda seolah-olah tidak bernyawa.

Gangguan ini tergolong sebagai gangguan kesehatan mental. Pemutusan hubungan dengan kenyataan yang secara tiba-tiba merupakan gejala utama dari kondisi ini.

Mengenal gejala gangguan depersonalisasi

Ada beberapa hal yang bisa menjadi tanda dari gejala kondisi ini. Bebeberapa gejala tersebut antara lain:

  • Perasaan di luar tubuh, seolah-olah memandang diri sendiri dari jarak jauh
  • Tubuh dan pikiran mati rasa
  • Merasa seolah-olah tidak dapat mengontrol perkataan dan tindakan
  • Tidak memiliki ingatan pada sebagian memori mengenai suatu peristiwa, orang, atau suatu masa dalam hidup
  • Merasa hidup seperti mimpi, saat semua orang dan lingkungan terasa seperti tidak nyata
  • Perilaku obsesif, seperti berkaca berulang kali untuk memastikan dirinya nyata

Dalam beberapa kasus, penderita gangguan depersonalisasi mungkin melakukan perjalanan  ke berbagai tempat secara fisik, namun menggunakan identitas yang berbeda di setiap tempat tersebut. Anda mungkin kesulitan untuk mengingat identitas Anda sendiri.

Jika terus dibiarkan, kondisi ini dapat berujung pada masalah kesehatan mental lainnya berupa gangguan kecemasan.

Faktor penyebab gangguan depersonalisasi

Tidak ada faktor penyebab yang pasti untuk setiap penderita gangguan ini. Biasanya, stres dan pengalaman traumatis menjadi penyebab utama kondisi ini, khususnya jika hal tersebut dialami semasa kecil.

Secara khusus, pengalaman traumatis yang menimbulkan kondisi ini biasanya berupa kekerasan ekstrem, penculikan, perang, atau pelecehan semasa kecil. Bagi orang yang pernah mengalami hal ini, merasakan pengalaman keluar dari tubuh merupakan reaksi yang normal terhadap pengalaman yang tidak dapat dikendalikan.

Tanpa disadsari, sensasi berada di luar tubuh merupakan upaya seseorang untuk melarikan diri dari kenyataan yang menyakitkan.

Selain pengalaman masa lalu, sensasi berada di luar tubuh juga bisa disebabkan oleh pemakaian obat-obatan terlarang, seperti halusinogen, ganja, dan ketamin.

Cara mengobati gangguan depersonalisasi

Bagi penderita gangguan depersonalisasi, pengobatan biasanya bersifat lebih personal dengan mengetahui faktor yang mendasari stres. Bentuk pengobatan dapat berupa:

  • Psikoterapi

Psikoterapi adalah terapi perilaku kognitif dengan mengajarkan strategi untuk memblokir pikiran obsesif mengenai hal-hal yang tidak nyata. Terdapat dua teknik dalam psikoterapi, yaitu teknik grounding dan teknik psikodinamik.

Teknik grounding memanfaatkan indra tubuh agar penderita merasa lebih berhubungan dengan kenyataan, seperti melalui musik atau menggenggam es batu. Sementara, teknik psikodinamik berfokus pada mengatasi konflik dan perasaan negatif yang sedang dirasakan oleh penderita pada saat itu.

  • Terapi EMDR

Terapi EMDR merupakan metode terapi yang diterapkan untuk sejumlah gangguan kesehatan mental. Biasanya, terapi ini dilakukan pada pasien yang pernah mengalami trauma akibat kekerasan seksual.

EMDR merupakan singkatan dari eye movement desnsitization and reprocessing, terapi yang melibatkan gerakan mata serta tepukan tangan. Penderita gangguan depersonalisasi yang memiliki trauma kekerasan seksual dapat ditangani dengan terapi ini.

Dalam beberapa kasus, penderita gangguan ini mungkin akan diberikan obat-obatan tertentu seperti antidepresan untuk meringankan gejala. Akan tetapi, tidak ada obat yang secara khusus dapat menyembuhkan kondisi gangguan depersonalisasi bila tidak melalui terapi.

Read More

Yuk Ketahui, 4 Tips Mudah Membeli Kacamata Online

Selain untuk membantu penglihatan Anda yang buram, kacamata juga sering dijadikan sebagai fashion untuk mempercantik penampilan. Di masa pandemi ini, tentu membuat Anda was-was untuk membeli kacamata langsung ke optik terdekat, sehingga memutuskan untuk beli secara online. Namun, tidak semua orang bisa menemukan kacamata yang cocok ketika tidak mencobanya langsung. Oleh sebab itu, ada beberapa tips yang bisa membantu Anda membeli kacamata online dengan aman.

beli kacamata
  1. Periksa kembali resep dan jarak pupil mata.

Hal pertama yang harus Anda persiapkan sebelum membeli kacamata online adalah resep kacamata saat ini. Penjual kacamata secara online tidak akan menyediakan fasilitas pemeriksaan minus, plus, silindris, ataupun jarak pupil mata Anda. Jika Anda adalah orang yang mudah lupa, resep kacamata bisa dicatat atau difoto begitu mendapatkannya, agar tidak hilang. Seringkali, orang-orang menyimpan resep kacamata yang telah lama, sehingga butuh melakukan pemeriksaan ulang kembali ke dokter mata.

  • Cari frame yang sesuai dengan bentuk wajah Anda.

Bentuk kacamata yang tidak pas dengan wajah pastinya membuat Anda tidak nyaman. Ada yang memiliki bentuk wajah hati, bulat, oval, atau persegi, sehingga penting untuk mencari bingkai kacamata yang cocok dengan bentuk wajah Anda. Umumnya, wajah berbentuk bundar kurang cocok menggunakan frame ovular. Jika wajah Anda lebih bersudut, maka cocok menggunakan frame kacamata yang lebih bulat. Setelah menentukan jenis frame yang sesuai, Anda bisa memilih warna dan ukuran yang pas dengan wajah. Pada dasarnya, pemilihan frame kacamata kembali ke selera masing-masing.

  • Pilih jenis lensa.

Setelah Anda menemukan frame yang sesuai, selanjutnya pilihlah jenis lensa yang ingin Anda gunakan. Saat membeli kacamata secara online, maka penjual juga akan memberikan pilihan jenis lensa mana yang ingin Anda gunakan. Beberapa pilihan lensa kacamata yang tersedia mulai dari:

  • Lensa index, yaitu lensa standar hanya terdiri atas minus, plus, dan silinder.
  • Photochromic, yaitu lensa minus, plus, dan silinder yang dapat berubah warna menjadi gelap jika terkena sinar matahari agar tidak silau.
  • Blue control, yaitu lensa minus, plus, dan silinder dengan anti radiasi untuk gadget dan komputer.
  • Blue chromic, yaitu kombinasi lensa index, photochromic, dan blue control.
  • Progressive, yaitu lensa gabungan minus dan plus.
  • Sunglasses lens color, yaitu jenis-jenis lensa di atas dijadikan kacamata hitam atau sunglasses. 

Semakin banyak pilihan kombinasi lensa yang Anda pilih, maka semakin banyak biaya yang Anda keluarkan. Tentunya, semakin nyaman Anda menggunakan kacamata.

  • Kacamata siap dipesan.

Setelah Anda memutuskan pilihan lensa dan frame yang diinginkan, maka Anda siap melakukan pemesanan ke seller. Pastikan sebelum penjual memproses pesanan Anda, ukuran lensa dan bentuk frame sudah sesuai dengan yang diinginkan. Selain itu, Anda juga bisa memilih paket pengiriman kilat atau standar. Kacamata siap membantu penglihatan Anda menjadi lebih baik.

Catatan dari SehatQ Inilah 4 tips membeli kacamata online dengan mudah untuk membantu Anda menemukan kacamata yang nyaman saat digunakan. Selain online, Anda tetap bisa melakukan pembelian kacamata secara langsung ke optik dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Hanya saja, pembelian secara offline belum tentu menyediakan berbagai variasi frame kacamata yang up to date dibandingkan online. Namun, Anda bisa melakukan pemeriksaan mata langsung tanpa harus pergi ke dokter mata. Masing-masing tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya, tinggal Anda sebagai konsumen yang harus cerdas dalam memilih penjual kacamata yang terpercaya.

Read More

Manfaat Alpukat Bagi Kesehatan Tubuh

beragam manfaat alpukat untuk kesehatan

Alpukat adalah buah yang memiliki tekstur “creamy” dan tumbuh di iklim hangat. Potensi manfaat alpukat bagi kesehatan meliputi mendukung pencernaan, mengurangi risiko depresi, dan melindungi tubuh dari penyakit kanker. Alpukat adalah satu-satunya buah yang mengandung asam lemak tak jenuh tunggal (MUFA) sehat dalam jumlah yang melimpah. Selain itu, alpukat juga merupakan buah yang kaya kandungan nutrisi, termasuk 20 jenis vitamin dan mineral. Artikel ini akan membahas manfaat kesehatan apa saja yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi buah alpukat. 

Manfaat alpukat

Mengonsumsi makanan yang terdiri dari banyak buah dan sayur sudah lama diasosiasikan dengan menurunnya risiko berbagai kondisi kesehatan yang berhubungan dengan gaya hidup. Banyak penelitian menemukan bahwa diet berbasis tanaman yang melibatkan makanan seperti buah alpukat dapat mengurangi risiko obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan tingkat kematian sekaligus meningkatkan energi serta mengurangi berat badan. Beberapa manfaat alpukat yang bisa Anda dapatkan dengan memasukkannya ke dalam diet adalah:

  • Kaya akan nutrisi

Menurut Pusat Data Nutrisi Nasional USDA, dalam satu sajian buah alpukat (40 gram) mengandung 64 kalori, 6 gram lemak, 3,4 gram karbohidrat, kurang dari 1 gram gula, dan 3 gram serat. Alpukat juga merupakan sumber vitamin C, E, K, dan B-6 serta riboflavin, asam pantothenic, niacin, folate, magnesium, dan potasium yang baik. Selain itu, buah alpukat juga mengandung asam lemak omega-3, lutein, dan beta-carotene. Meskipun kebanyakan kalori buah alpukat berasal dari lemak, jangan khawatir. Buah alpukat kaya akan lemak sehat dan bermanfaat yang akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Mengonsumsi lemak juga akan memperlambat penghancuran karbohidrat, yang mana dapat membantu menjaga kadar gula dalam darah tetap stabil. Lemak sangat penting untuk setiap sel yang ada di dalam tubuh manusia. Mengonsumsi lemak yang sehat dapat meningkatkan kesehatan kulit, memperkuat penyerapan vitamin, mineral, dan nutrisi yang larut dalam lemak, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

  • Sehat untuk jantunt

Buah alpukat mengandung 25 mg/oz sterol tanaman alami yang bernama beta-sitosterol. Konsumsi beta-sitosterol dan sterol tanaman lain dengan teratur dapat membantu menjaga kadar kolesterol yang sehat. 

  • Baik untuk penglihatan

Buah alpukat mengandung lutein dan zeaxanthin, dua phytochemical yang khususnya terkonsentrasi di jaringan di mata, di mana keduanya menyediakan perlindungan antioksidan untuk membantu meminimalisir kerusakan, terutama yang disebabkan oleh cahaya ultraviolet. Asam lemak tak jenuh tunggal yang terkandung di dalam buah alpukat juga mendukung penyerapan antioksidan larut dalam lemak lain, misalnya beta-carotene. Sehingga, menambahkan buah alpukat ke dalam diet sehari-hari Anda dapat membantu mengurangi risiko perkembangan degenerasi makula yang disebabkan oleh faktor usia. 

  • Mencegah osteoporosis

Manfaat alpukat lain adalah kemampuannya dalam mencegah osteoporosis. Setengah buah alpukat menyediakan vitamin K sebesar 25 persen dari rekomendasi asupan harian. Mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan vitamin K dapat mendukung kesehatan tulang dengan cara meningkatkan penyerapan kalsium dan mengurangi pembuangan kalsium lewat urin. 

Meskipun manfaat alpukat bagi kesehatan sangat melimpah, akan lebih baik apabila Anda mengonsumsi makanan yang bervariasi guna mencegah penyakit dan mendapatkan kesehatan tubuh yang baik (alih-alih hanya berfokus pada konsumsi buah alpukat saja). Selain itu, apabila Anda sedang dalam pengobatan pengencer darah, contohnya warfarin, sangat penting untuk tidak dengan tiba-tiba mengonsumsi makanan yang banyak atau kurang mengandung vitamin K, yang mana memainkan peran besar dalam penggumpalan darah.

Read More

Lagu Pengantar Tidur untuk Anak-Anak, Dijamin Pulas!

Masing-masing orang tua pastinya memiliki cara jitu untuk menidurkan buah hatinya. Namun, mendendangkan atau memainkan lagu pengantar tidur masih jadi cara yang populer hingga kini.

Untuk bisa tumbuh optimal, usia anak-anak membutuhkan tidur berkualitas dengan durasi yang cukup setiap harinya. Sebab, hormon pertumbuhan diproduksi dan dialirkan ke seluruh tubuh dengan lebih maksimal sewaktu ia tidur.

Nah, musik digadang-gadang memiliki peran penting dalam perkembangan bayi dan kemampuannya untuk mencapai tidur nyenyak. Akan tetapi, tidak semua jenis musik mempunyai efek yang sama pada bayi. Jadi, pintar-pintar memilih lagu pengantar tidur untuk anak Anda, ya!

Sebelum masuk ke beberapa pilihan lagu pengantar tidur untuk buah hati, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu manfaat yang bisa didapat dari musik sebelum tidur, di antaranya:

  • Meningkatkan Kualitas Tidur

Sebuah studi tentang efek musik dan kualitas tidur mengungkapkan bahwa anak yang mendengarkan musik pada tidur siang dan malam memiliki kualitas tidur yang baik. Studi lain menyimpulkan bahwa musik klasik yang menenangkan adalah obat mujarab dalam mengurangi masalah tidur.

  • Memicu Perkembangan Otak

National Association for the Education of Young Children mengatakan pengalaman musik saat masa kanak-kanak adalah suatu yang penting, karena melalui musik, bayi dan balita dapat lebih memahami diri mereka sendiri dan perasaan mereka.

Selain itu, konsumsi musik dapat memicu mereka belajar menguraikan pola dan memecahkan masalah, sekaligus menemukan dunia di sekitar mereka dalam pemaknaan yang beragam.

  • Relaksasi

Musik klasik juga menawarkan efek relaksasi sehingga bisa membantu tidur buah hati lebih lelap. Hal ini bukan tanpa alasan, musik mampu memengaruhi gelombang otak dan menyampaikan emosi yang juga bisa dipahami olehnya. Karena itu, memutar musik atau menyanyikan lagu pengantar tidur yang menenangkan sebelum tidur akan dapat membantu orang tua mewujudkan waktu tidur bayi yang lebih optimal.

Pilihan Lagu Pengantar Tidur

Di bawah ini ada beberapa rekomendasi pilihan lagu pengantar tidur yang sudah populer dan dapat dikatakan membudaya dari beberapa belahan dunia. Pilihan lagu pengantar tidur ini bisa Anda terapkan saat menidurkan buah hati Anda:

  • Twinkle, Twinkle, Little Star

Ini adalah salah satu lagu pengantar tidur anak-anak paling terpopuler di dunia. Karena kepopulerannya, hampir semua orang tua, bisa dibilang hafal dengan liriknya. Nyanyikan tepat sebelum tidur, ketika bayi Anda meringkuk dan memandang Anda dengan mata indahnya.

  • Hush, Little Baby

Lagu pengantar tidur yang dibuka dengan lirik “Hush, little baby, don’t say a word. Mama’s gonna buy you a mockingbird…” ini merupakan salah satu classic lullaby yang dinyanyikan para ibu secara turun-temurun.

Menariknya lagu ini, nada dan liriknya seperti mewakilkan rasa cinta yang besar seorang ibu. Bahwa seorang ibu akan selalu ada untuk anak-anak mereka, apa pun yang terjadi.

  • Nina Bobo

Hampir seluruh orang di Indonesia pernah ditiduri, atau paling tidak mendengar Nina Bobo. Ya, lagu pengantar tidur ini begitu populer di Nusantara. Diperkirakan Nina Bobo sudah ada sedari zaman kolonial.

Lagu ini juga dikenal di Belanda dan dipopulerkan penyanyi Anneke Grönloh serta Wieteke van Dort. Dalam khazanah perbendaharaan bahasa Indonesia, kata kerja meninabobokan yang diserap dari judul lagu ini, memiliki arti ‘menyanyikan lagu supaya tidur’. Liriknya sederhana dan mudah untuk Anda nyanyikan.

  • You Are My Sunshine

Bagi Anda yang memiliki anak penggemar serial televisi ‘Barney and Friends’, mungkin sudah familiar dengan lagu ini. Lirik pada lagu ini menggambarkan rasa cinta Anda pada si kecil, tentu ini membuatnya menjadi sangat cocok bila dijadikan lagu pengiring tidur anak. Anak tidak hanya bisa terlelap, tapi juga tahu betapa berarti dirinya bagi Anda, sehingga akan menciptakan suatu ikatan batin yang indah antara Anda dan si kecil.

***

Lagu pengantar tidur yang dinyanyikan ibu saat meninabobokan si kecil akan memberikan waktu tidur yang optimal. Ibu juga bisa memilih lagu pengantar tidur yang mudah dinyanyikan. Yang terpenting bukanlah merdunya suara, tetapi pesan dan perasaan cinta Anda tersampaikan dengan baik kepada anak sebelum mereka terlelap.

Read More
Hidup Sehat

Kenali Tingkatan Syok Hipovolemik dan Cara Menanganinya

Syok hipovolemik terjadi saat tubuh kita kehilangan lebih dari dua puluh persen cairan dan pasokan darah. Kondisi ini merupakan kondisi yang berbahaya serta dapat menyebabkan kegagalan fungsi organ. Apabila tidak segera ditangani, kondisi ini juga bisa mengancam jiwa.

Tingkat keparahan syok hipovolemik

Kekurangan cairan dalam tubuh akan membuat jantung kesulitan memompa darah dalam jumlah yang cukup dan membawanya ke seluruh tubuh. Akibatnya, asupan darah menjadi berkurang dan menyebabkan syok hipovolemik.

Berdasarkan tingkat keparahannya, kondisi ini terbagi atas empat tingkatan. Pembagian ini dilihat dari jumlah volume darah yang hilang dalam tubuh.

  • Tingkat 1

Pada tingkat pertama, penderita umumnya mengalami kehilangan sebanyak 750 ml darah atau sekitar 15% dari dari total volume darah dalam tubuh. Kondisi ini cukup sulit untuk didiagnosa karena tekanan darah dan pernapasan penderita cenderung masih normal.

Salah satu gejala yang terlihat pada tingkat ini adalah penyempitan pembuluh darah yang terjadi untuk menjaga tekanan darah tidak meningkat. Selain itu, penderita pada tingkat ini biasanya mengalami rasa cemas mendadak dan kulit yang pucat.

  • Tingkat 2

Di tingkat kedua, tubuh telah mengalami kekurangan darah sebesar 30% atau sebanyak 750 hingga 1500 ml darah.  Pada situasi ini, tubuh akan berusaha menarik darah dari anggota tubuh dan usus untuk dikirimkan ke organ-organ vital seperti jantung dan otak.

Penderita pada tingkat dua mungkin belum mengalami perubahan tekanan darah secara signifikan. Akan tetapi, penderita akan mengalami rasa cemas dan gelisah yang semakin memburuk. Selain itu, denyut jantung dan pernapasan juga akan mengalami peningkatan.

  • Tingkat 3

Penderita syok hipovolemik tingkat tiga akan mengalami kekurangan volume darah sebesar 30-40%, sekitar 1500 sampai 2000 ml atau setara dengan setengah isi galon. Di situasi ini, penderita akan mengalami penurunan tekanan darah dan air seni, kulit yang memucat, serta lengan yang dingin dan lembab.

Selain gejala fisik, tingkat tiga juga menyebabkan gejala psikis seperti kebingungan, tekanan mental, dan rasa cemas berlebih.

  • Tingkat 4

Tingkat empat atau tingkat terakhir merupakan tahap yang paling berbahaya. Pada tingkat ini, kekurangan darah telah mencapai lebih dari 2000 ml atau 40% dari volume darah secara keseluruhan.

Penderita tingkat empat akan mengalami peningkatan denyut jantung yang sangat cepat namun denyut nadi melemah. Pernapasan juga akan terasa semakin sulit. Pada tingkat ini, pasien akan dikategorikan sebagai pasien kritis dan harus segera melakukan penanganan di rumah sakit.

Keempat tingkatan di atas merupakan tahap yang berbahaya. Penderita pada tingkatan pertama dianjurkan untuk melakukan pengobatan sesegera mungkin guna mencegah gejala semakin memburuk.

Pertolongan pertama untuk menangani pasien syok hipovolemik

Apabila tidak ditangani dengan cepat, kondisi syok hipovolemik bisa menjadi sangat berbahaya dan mengancam jiwa. Ada beberapa langkah sederhana yang bisa dilakukan sebagai bentuk pertolongan pertama pada pasien, yaitu:

  • Meminta pasien berbaring dengan kaki terangkat sekitar 12 inci
  • Menghindari gerakan apabila pasien dicurigai mengalami cedera pada kepala, leher, atau punggung
  • Menjaga tubuh pasien tetap hangat
  • Tidak memberikan pasien cairan melalui mulut

Apabila pasien mengalami cedera, bersihkan area luka agar terhindar dari kotoran. Jangan mencoba untuk melepaskan kaca, pisau, ataupun benda-benda lain yang tertanam pada luka. Hindari juga mengangkat kepala pasien pada posisi yang lebih tinggi dari bagian tubuh lainnya.

Dalam tingkat apa pun, pasien syok hipovolemik harus segera dibawa ke rumah sakit untuk ditangani secara khusus. Apabila kondisi memburuk, pertolongan pertama bisa membantu meredakan gejala sebelum pasien menerima pertolongan dari rumah sakit.

Read More
Hidup Sehat

Membongkar Kandungan Pisang dari Macam-Macam Jenisnya

Pisang adalah salah satu buah yang tumbuh subur di negara tropis. Indonesia sebagai negara tropis beruntung memiliki beragam jenis buah yang kaya akan manfaat ini. Manfaat yang dibawa berasal dari kandungan pisang.

Pisang berkembang menjadi buah yang populer di Nusantara. Selain mudah didapat, pisang juga dapat dikonsumsi dengan banyak cara. Belum lagi jika kita bicara bagaimana buah ini tidak memerlukan banyak syarat untuk dapat tumbuh dan berkembang meski hanya dengan mengandalkan pekarangan rumah kita.

Hal itulah beberapa alasan mengapa pisang menjadi primadona di negara ini. Nah, sekarang kita bahas, yuk, berbagai jenis buah pisang dengan segudang manfaat yang terkandung di dalamnnya, yang bisa kita temukan dengan mudah di sini:

  • Pisang Kepok

Jika kita menyambangi los buah di pasar atau ke kios buah yang terletak di pinggir jalan, dengan mudah kita jumpai pisang kepok tergantung di sudut-sudutnya. Pisang yang berbentuk agak pipih ini disukai lantaran dapat diolah menjadi makanan. Selain nikmat, kandungan pisang kepok juga amat banyak.

Kandungan nutrisi pada pisang kepok amat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Di sana dapat ditemukan kalori, vitamin B6, vitamin C, zat mangan, serat, dan kalium. Manfaat pisang kepok banyak digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan seperti membantu melancarkan pencernaan, mencegah sembelit, dan mengatasi maag. Selain itu, pisang kepok juga bisa dijadikan untuk mencukupi kebutuhan potasium.

  • Pisang Ambon

Pisang ambon dapat dikenali dengan ciri berukuran cukup besar dan memiliki rasa yang manis. Pisang ambon dikenal memiliki manfaat dapat membuat kulit tampak lebih putih. Manfaat pisang ambon lainnya adalah bisa melancarkan buang air besar dan mengobati sakit mata apabila dikonsumsi secara rutin.

Manfaat itu ada tak lain berasal dari kandungan pisang ambon sendiri, seperti karbohidrat, protein, zat besi, lemak, serat, mineral, dan vitamin bisa membantu untuk memenuhi nutrisi dalam tubuh.

  • Pisang Susu

Pisang susu memiliki manfaat yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan ibu hamil. Kandungan pisang susu yang utama adalah asam folat. Hal ini memungkinkan pisang susu bisa bermaat untuk ibu hamil. Pasalnya, asam folat merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh janin.

Selain itu, pisang susu juga bisa membantu mengatasi rasa mual akibat mabuk. Namun, jumlah kalori pada pisang susu sangat tinggi. Oleh karena itu, kamu perlu membatasi asupan konsumsinya.

  • Pisang Raja

Tak mau kalah dengan jenis pisang lainnya, pisang raja juga memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Kandugan pisang raja antara lain serat, protein, vitamin C, vitamin A, vitamin B6, kalium, niacin, mangan, magnesium, filat, dan zat besi. Kandungan mineral dan vitamin pada pisang raja ini sangat berguna untuk melawan beragai penyakit.

Manfaat pisang raja yang bisa dirasakan seperti meningkatkan imun tubuh, meningkatkan energi tubuh, menguatkan tulang, mengurangi gangguan penglihatan, menurunkan hipertensi, mengurangi risiko batu ginjal, menyembuhkan maag, mengatasi anemia, dan lain sebagainya.

  • Pisang Tanduk

Selain memiliki rasa yang nikmat, pisang tanduk menjadi primadona lantaran kandungan pisang di dalamnya. Magnesium, folat, kalium, serat, zat besi, niacin, riboflavin, mangan, protein, vitamin C, vitamin A, dan vitamin B6 merupakan deretan nutrisi yang terdapat di dalam pisang yang memiliki ciri fisik dengan panjang mencapai 28 cm ini.

Dilihat dari nutrisinya, pisang yang akan tetap berwarna hijau pada kulitnya walaupun sudah matang ini bisa membantu menjaga kesehatan ginjal. Selain itu, kandungan zat besi pada pisang tanduk juga bisa bantu menambah darah.

***

Itulah kandungan pisang yang terdapat di masing-masing jenis. Keseluruh jenis pisang yang disebut di atas sudah amat populer dan mudah dijumpai hampir di seluruh tempat di Indonesia. Melihat kayanya kandungan pisang, mulai sekarang jangan pernah ragu untuk mengonsumsi buah ini, ya!

Read More

Menjaga Tubuh Tetap Bugar dengan Latihan Aerobik

Setiap orang pasti ingin tetap memiliki tulang yang kuat dan tubuh yang bugar, berapa pun usianya. Latihan aerobik secara teratur dapat membantu Anda untuk mencapai hal tersebut.

Ketika mendengar latihan aerobik, otak Anda mungkin langsung mengasosiasikannya dengan senam. Padahal, setiap aktivitas yang melibatkan oksigen dalam proses pembakaran kalori untuk menciptakan energi disebut sebagai latihan aerobik. Jika Anda melakukannya secara teratur, ada banyak sekali manfaat dari latihan tersebut.

Manfaat latihan aerobik

Latihan aerobik dapat disebut juga sebagai latihan kardio, aktivitas atau olahraga yang berutujuan untuk meningkatkan denyut jantung selama waktu tertentu. Melalui latihan aerobik, aliran darah dan oksigen ke otot serta jantung akan meningkat. Efeknya, tubuh pun semakin sehat.

Berikut ini beberapa manfaat dari latihan aerobik yang akan dirasakan oleh tubuh.

1. Membantu menjaga kesehatan jantung

Latihan aerobik direkomendasikan bagi penderita penyakit jantung atau orang yang memiliki risiko penyakit tersebut. Jenis olahraga ini dapat membantu jantung memompa darah dengan lebih efisien ke seluruh tubuh dan membuat jantung lebih kuat.

Dengan latihan aerobik, tekanan darah dan kadar kolesterol “jahat” (LDL) dapat menurun. Itu sebabnya, penderita tekanan darah tinggi dan gangguan kadar kolesterol disarankan melakukan latihan aerobik 3-4 kali seminggu.

2. Membantu menurunkan berat badan

Karena latihan aerobik dapat membakar banyak kalori, maka jenis olahraga ini dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

Namun, untuk memperoleh hasil optimal, latihan aerobik saja tentu tidak cukup. Aktivitas ini perlu diimbangi dengan pola makan yang sehat serta mengurangi asupan kalori harian.

3. Menurunkan risiko diabetes tipe 2

Banyak orang mengira bahwa asupan gula hanya menimbulkan masalah diabetes. Padahal, tingginya kadar gula dapat juga memicu penyakit lain, penyakit jantung misalnya.

Seperti diketahui, masalah diabetes tipe 2 erat kaitannya dengan hormon insulin. Latihan aerobik dapat membantu meningkatkan sensitivitas hormon insulin. Selain itu, latihan ini juga membuat otot-otot menggunakan glukosa dari darah, sehingga mencegah jumlah kadar gula di dalam darah meningkat signifikan.

Seperti halnya proses penurunan berat badan, menjaga kadar gula darah juga perlu diimbangi dengan menjaga pola makan, latihan aerobik saja tidak cukup.

4. Mencegah terjadinya stroke

Penyakit stroke terjadi ketika asupan darah ke otak terhambat. Kondisi ini dapat menimbulkan gangguan serius, bahkan mengancam nyawa.

Kunci untuk mencegah terjadinya stroke adalah menjaga suplai darah ke otak tetap lancar. Dengan latihan aerobik secara rutin, kesehatan pembuluh darah dan jantung dapat terjaga. Sehingga risiko stroke pun lebih kecil.

5. Meningkatkan mood

Layaknya aktivitas fisik atau olahraga lainnya, latihan aerobik juga dapat memicu pengeluaran hormon yang memunculkan rasa senang. Oleh sebab itu, latihan ini dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi kecemasan.

Sebuah penelitian melaporkan bahwa latihan aerobik ringan selama 30 menit memang dapat meningkatkan suasana hati. Salah satunya, Anda dapat berjalan di treadmill. Tidak butuh waktu lama untuk merasakan efeknya, peningkatan suasana hati bahkan dapat langsung dirasakan hanya dengan satu latihan saja.

Anda tidak perlu melakukan latihan aerobik dengan intensitas tinggi. Dalam intensitas ringan atau sedang pun, manfaatnya sudah dapat dirasakan.

Melakukan latihan aerobik secara teratur, setiap hari, dapat membantu badan Anda tetap sehat dan bugar. Dengan demikian, tentu risiko terserang berbagai penyakit pun menjadi lebih rendah.

Read More