Lagu Pengantar Tidur untuk Anak-Anak, Dijamin Pulas!

Masing-masing orang tua pastinya memiliki cara jitu untuk menidurkan buah hatinya. Namun, mendendangkan atau memainkan lagu pengantar tidur masih jadi cara yang populer hingga kini.

Untuk bisa tumbuh optimal, usia anak-anak membutuhkan tidur berkualitas dengan durasi yang cukup setiap harinya. Sebab, hormon pertumbuhan diproduksi dan dialirkan ke seluruh tubuh dengan lebih maksimal sewaktu ia tidur.

Nah, musik digadang-gadang memiliki peran penting dalam perkembangan bayi dan kemampuannya untuk mencapai tidur nyenyak. Akan tetapi, tidak semua jenis musik mempunyai efek yang sama pada bayi. Jadi, pintar-pintar memilih lagu pengantar tidur untuk anak Anda, ya!

Sebelum masuk ke beberapa pilihan lagu pengantar tidur untuk buah hati, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu manfaat yang bisa didapat dari musik sebelum tidur, di antaranya:

  • Meningkatkan Kualitas Tidur

Sebuah studi tentang efek musik dan kualitas tidur mengungkapkan bahwa anak yang mendengarkan musik pada tidur siang dan malam memiliki kualitas tidur yang baik. Studi lain menyimpulkan bahwa musik klasik yang menenangkan adalah obat mujarab dalam mengurangi masalah tidur.

  • Memicu Perkembangan Otak

National Association for the Education of Young Children mengatakan pengalaman musik saat masa kanak-kanak adalah suatu yang penting, karena melalui musik, bayi dan balita dapat lebih memahami diri mereka sendiri dan perasaan mereka.

Selain itu, konsumsi musik dapat memicu mereka belajar menguraikan pola dan memecahkan masalah, sekaligus menemukan dunia di sekitar mereka dalam pemaknaan yang beragam.

  • Relaksasi

Musik klasik juga menawarkan efek relaksasi sehingga bisa membantu tidur buah hati lebih lelap. Hal ini bukan tanpa alasan, musik mampu memengaruhi gelombang otak dan menyampaikan emosi yang juga bisa dipahami olehnya. Karena itu, memutar musik atau menyanyikan lagu pengantar tidur yang menenangkan sebelum tidur akan dapat membantu orang tua mewujudkan waktu tidur bayi yang lebih optimal.

Pilihan Lagu Pengantar Tidur

Di bawah ini ada beberapa rekomendasi pilihan lagu pengantar tidur yang sudah populer dan dapat dikatakan membudaya dari beberapa belahan dunia. Pilihan lagu pengantar tidur ini bisa Anda terapkan saat menidurkan buah hati Anda:

  • Twinkle, Twinkle, Little Star

Ini adalah salah satu lagu pengantar tidur anak-anak paling terpopuler di dunia. Karena kepopulerannya, hampir semua orang tua, bisa dibilang hafal dengan liriknya. Nyanyikan tepat sebelum tidur, ketika bayi Anda meringkuk dan memandang Anda dengan mata indahnya.

  • Hush, Little Baby

Lagu pengantar tidur yang dibuka dengan lirik “Hush, little baby, don’t say a word. Mama’s gonna buy you a mockingbird…” ini merupakan salah satu classic lullaby yang dinyanyikan para ibu secara turun-temurun.

Menariknya lagu ini, nada dan liriknya seperti mewakilkan rasa cinta yang besar seorang ibu. Bahwa seorang ibu akan selalu ada untuk anak-anak mereka, apa pun yang terjadi.

  • Nina Bobo

Hampir seluruh orang di Indonesia pernah ditiduri, atau paling tidak mendengar Nina Bobo. Ya, lagu pengantar tidur ini begitu populer di Nusantara. Diperkirakan Nina Bobo sudah ada sedari zaman kolonial.

Lagu ini juga dikenal di Belanda dan dipopulerkan penyanyi Anneke Grönloh serta Wieteke van Dort. Dalam khazanah perbendaharaan bahasa Indonesia, kata kerja meninabobokan yang diserap dari judul lagu ini, memiliki arti ‘menyanyikan lagu supaya tidur’. Liriknya sederhana dan mudah untuk Anda nyanyikan.

  • You Are My Sunshine

Bagi Anda yang memiliki anak penggemar serial televisi ‘Barney and Friends’, mungkin sudah familiar dengan lagu ini. Lirik pada lagu ini menggambarkan rasa cinta Anda pada si kecil, tentu ini membuatnya menjadi sangat cocok bila dijadikan lagu pengiring tidur anak. Anak tidak hanya bisa terlelap, tapi juga tahu betapa berarti dirinya bagi Anda, sehingga akan menciptakan suatu ikatan batin yang indah antara Anda dan si kecil.

***

Lagu pengantar tidur yang dinyanyikan ibu saat meninabobokan si kecil akan memberikan waktu tidur yang optimal. Ibu juga bisa memilih lagu pengantar tidur yang mudah dinyanyikan. Yang terpenting bukanlah merdunya suara, tetapi pesan dan perasaan cinta Anda tersampaikan dengan baik kepada anak sebelum mereka terlelap.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*