Manfaat Alpukat Bagi Kesehatan Tubuh

beragam manfaat alpukat untuk kesehatan

Alpukat adalah buah yang memiliki tekstur “creamy” dan tumbuh di iklim hangat. Potensi manfaat alpukat bagi kesehatan meliputi mendukung pencernaan, mengurangi risiko depresi, dan melindungi tubuh dari penyakit kanker. Alpukat adalah satu-satunya buah yang mengandung asam lemak tak jenuh tunggal (MUFA) sehat dalam jumlah yang melimpah. Selain itu, alpukat juga merupakan buah yang kaya kandungan nutrisi, termasuk 20 jenis vitamin dan mineral. Artikel ini akan membahas manfaat kesehatan apa saja yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi buah alpukat. 

Manfaat alpukat

Mengonsumsi makanan yang terdiri dari banyak buah dan sayur sudah lama diasosiasikan dengan menurunnya risiko berbagai kondisi kesehatan yang berhubungan dengan gaya hidup. Banyak penelitian menemukan bahwa diet berbasis tanaman yang melibatkan makanan seperti buah alpukat dapat mengurangi risiko obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan tingkat kematian sekaligus meningkatkan energi serta mengurangi berat badan. Beberapa manfaat alpukat yang bisa Anda dapatkan dengan memasukkannya ke dalam diet adalah:

  • Kaya akan nutrisi

Menurut Pusat Data Nutrisi Nasional USDA, dalam satu sajian buah alpukat (40 gram) mengandung 64 kalori, 6 gram lemak, 3,4 gram karbohidrat, kurang dari 1 gram gula, dan 3 gram serat. Alpukat juga merupakan sumber vitamin C, E, K, dan B-6 serta riboflavin, asam pantothenic, niacin, folate, magnesium, dan potasium yang baik. Selain itu, buah alpukat juga mengandung asam lemak omega-3, lutein, dan beta-carotene. Meskipun kebanyakan kalori buah alpukat berasal dari lemak, jangan khawatir. Buah alpukat kaya akan lemak sehat dan bermanfaat yang akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Mengonsumsi lemak juga akan memperlambat penghancuran karbohidrat, yang mana dapat membantu menjaga kadar gula dalam darah tetap stabil. Lemak sangat penting untuk setiap sel yang ada di dalam tubuh manusia. Mengonsumsi lemak yang sehat dapat meningkatkan kesehatan kulit, memperkuat penyerapan vitamin, mineral, dan nutrisi yang larut dalam lemak, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

  • Sehat untuk jantunt

Buah alpukat mengandung 25 mg/oz sterol tanaman alami yang bernama beta-sitosterol. Konsumsi beta-sitosterol dan sterol tanaman lain dengan teratur dapat membantu menjaga kadar kolesterol yang sehat. 

  • Baik untuk penglihatan

Buah alpukat mengandung lutein dan zeaxanthin, dua phytochemical yang khususnya terkonsentrasi di jaringan di mata, di mana keduanya menyediakan perlindungan antioksidan untuk membantu meminimalisir kerusakan, terutama yang disebabkan oleh cahaya ultraviolet. Asam lemak tak jenuh tunggal yang terkandung di dalam buah alpukat juga mendukung penyerapan antioksidan larut dalam lemak lain, misalnya beta-carotene. Sehingga, menambahkan buah alpukat ke dalam diet sehari-hari Anda dapat membantu mengurangi risiko perkembangan degenerasi makula yang disebabkan oleh faktor usia. 

  • Mencegah osteoporosis

Manfaat alpukat lain adalah kemampuannya dalam mencegah osteoporosis. Setengah buah alpukat menyediakan vitamin K sebesar 25 persen dari rekomendasi asupan harian. Mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan vitamin K dapat mendukung kesehatan tulang dengan cara meningkatkan penyerapan kalsium dan mengurangi pembuangan kalsium lewat urin. 

Meskipun manfaat alpukat bagi kesehatan sangat melimpah, akan lebih baik apabila Anda mengonsumsi makanan yang bervariasi guna mencegah penyakit dan mendapatkan kesehatan tubuh yang baik (alih-alih hanya berfokus pada konsumsi buah alpukat saja). Selain itu, apabila Anda sedang dalam pengobatan pengencer darah, contohnya warfarin, sangat penting untuk tidak dengan tiba-tiba mengonsumsi makanan yang banyak atau kurang mengandung vitamin K, yang mana memainkan peran besar dalam penggumpalan darah.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*