Hidup Sehat

Membongkar Kandungan Pisang dari Macam-Macam Jenisnya

Pisang adalah salah satu buah yang tumbuh subur di negara tropis. Indonesia sebagai negara tropis beruntung memiliki beragam jenis buah yang kaya akan manfaat ini. Manfaat yang dibawa berasal dari kandungan pisang.

Pisang berkembang menjadi buah yang populer di Nusantara. Selain mudah didapat, pisang juga dapat dikonsumsi dengan banyak cara. Belum lagi jika kita bicara bagaimana buah ini tidak memerlukan banyak syarat untuk dapat tumbuh dan berkembang meski hanya dengan mengandalkan pekarangan rumah kita.

Hal itulah beberapa alasan mengapa pisang menjadi primadona di negara ini. Nah, sekarang kita bahas, yuk, berbagai jenis buah pisang dengan segudang manfaat yang terkandung di dalamnnya, yang bisa kita temukan dengan mudah di sini:

  • Pisang Kepok

Jika kita menyambangi los buah di pasar atau ke kios buah yang terletak di pinggir jalan, dengan mudah kita jumpai pisang kepok tergantung di sudut-sudutnya. Pisang yang berbentuk agak pipih ini disukai lantaran dapat diolah menjadi makanan. Selain nikmat, kandungan pisang kepok juga amat banyak.

Kandungan nutrisi pada pisang kepok amat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Di sana dapat ditemukan kalori, vitamin B6, vitamin C, zat mangan, serat, dan kalium. Manfaat pisang kepok banyak digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan seperti membantu melancarkan pencernaan, mencegah sembelit, dan mengatasi maag. Selain itu, pisang kepok juga bisa dijadikan untuk mencukupi kebutuhan potasium.

  • Pisang Ambon

Pisang ambon dapat dikenali dengan ciri berukuran cukup besar dan memiliki rasa yang manis. Pisang ambon dikenal memiliki manfaat dapat membuat kulit tampak lebih putih. Manfaat pisang ambon lainnya adalah bisa melancarkan buang air besar dan mengobati sakit mata apabila dikonsumsi secara rutin.

Manfaat itu ada tak lain berasal dari kandungan pisang ambon sendiri, seperti karbohidrat, protein, zat besi, lemak, serat, mineral, dan vitamin bisa membantu untuk memenuhi nutrisi dalam tubuh.

  • Pisang Susu

Pisang susu memiliki manfaat yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan ibu hamil. Kandungan pisang susu yang utama adalah asam folat. Hal ini memungkinkan pisang susu bisa bermaat untuk ibu hamil. Pasalnya, asam folat merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh janin.

Selain itu, pisang susu juga bisa membantu mengatasi rasa mual akibat mabuk. Namun, jumlah kalori pada pisang susu sangat tinggi. Oleh karena itu, kamu perlu membatasi asupan konsumsinya.

  • Pisang Raja

Tak mau kalah dengan jenis pisang lainnya, pisang raja juga memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Kandugan pisang raja antara lain serat, protein, vitamin C, vitamin A, vitamin B6, kalium, niacin, mangan, magnesium, filat, dan zat besi. Kandungan mineral dan vitamin pada pisang raja ini sangat berguna untuk melawan beragai penyakit.

Manfaat pisang raja yang bisa dirasakan seperti meningkatkan imun tubuh, meningkatkan energi tubuh, menguatkan tulang, mengurangi gangguan penglihatan, menurunkan hipertensi, mengurangi risiko batu ginjal, menyembuhkan maag, mengatasi anemia, dan lain sebagainya.

  • Pisang Tanduk

Selain memiliki rasa yang nikmat, pisang tanduk menjadi primadona lantaran kandungan pisang di dalamnya. Magnesium, folat, kalium, serat, zat besi, niacin, riboflavin, mangan, protein, vitamin C, vitamin A, dan vitamin B6 merupakan deretan nutrisi yang terdapat di dalam pisang yang memiliki ciri fisik dengan panjang mencapai 28 cm ini.

Dilihat dari nutrisinya, pisang yang akan tetap berwarna hijau pada kulitnya walaupun sudah matang ini bisa membantu menjaga kesehatan ginjal. Selain itu, kandungan zat besi pada pisang tanduk juga bisa bantu menambah darah.

***

Itulah kandungan pisang yang terdapat di masing-masing jenis. Keseluruh jenis pisang yang disebut di atas sudah amat populer dan mudah dijumpai hampir di seluruh tempat di Indonesia. Melihat kayanya kandungan pisang, mulai sekarang jangan pernah ragu untuk mengonsumsi buah ini, ya!

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*