Menjaga Tubuh Tetap Bugar dengan Latihan Aerobik

Setiap orang pasti ingin tetap memiliki tulang yang kuat dan tubuh yang bugar, berapa pun usianya. Latihan aerobik secara teratur dapat membantu Anda untuk mencapai hal tersebut.

Ketika mendengar latihan aerobik, otak Anda mungkin langsung mengasosiasikannya dengan senam. Padahal, setiap aktivitas yang melibatkan oksigen dalam proses pembakaran kalori untuk menciptakan energi disebut sebagai latihan aerobik. Jika Anda melakukannya secara teratur, ada banyak sekali manfaat dari latihan tersebut.

Manfaat latihan aerobik

Latihan aerobik dapat disebut juga sebagai latihan kardio, aktivitas atau olahraga yang berutujuan untuk meningkatkan denyut jantung selama waktu tertentu. Melalui latihan aerobik, aliran darah dan oksigen ke otot serta jantung akan meningkat. Efeknya, tubuh pun semakin sehat.

Berikut ini beberapa manfaat dari latihan aerobik yang akan dirasakan oleh tubuh.

1. Membantu menjaga kesehatan jantung

Latihan aerobik direkomendasikan bagi penderita penyakit jantung atau orang yang memiliki risiko penyakit tersebut. Jenis olahraga ini dapat membantu jantung memompa darah dengan lebih efisien ke seluruh tubuh dan membuat jantung lebih kuat.

Dengan latihan aerobik, tekanan darah dan kadar kolesterol “jahat” (LDL) dapat menurun. Itu sebabnya, penderita tekanan darah tinggi dan gangguan kadar kolesterol disarankan melakukan latihan aerobik 3-4 kali seminggu.

2. Membantu menurunkan berat badan

Karena latihan aerobik dapat membakar banyak kalori, maka jenis olahraga ini dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

Namun, untuk memperoleh hasil optimal, latihan aerobik saja tentu tidak cukup. Aktivitas ini perlu diimbangi dengan pola makan yang sehat serta mengurangi asupan kalori harian.

3. Menurunkan risiko diabetes tipe 2

Banyak orang mengira bahwa asupan gula hanya menimbulkan masalah diabetes. Padahal, tingginya kadar gula dapat juga memicu penyakit lain, penyakit jantung misalnya.

Seperti diketahui, masalah diabetes tipe 2 erat kaitannya dengan hormon insulin. Latihan aerobik dapat membantu meningkatkan sensitivitas hormon insulin. Selain itu, latihan ini juga membuat otot-otot menggunakan glukosa dari darah, sehingga mencegah jumlah kadar gula di dalam darah meningkat signifikan.

Seperti halnya proses penurunan berat badan, menjaga kadar gula darah juga perlu diimbangi dengan menjaga pola makan, latihan aerobik saja tidak cukup.

4. Mencegah terjadinya stroke

Penyakit stroke terjadi ketika asupan darah ke otak terhambat. Kondisi ini dapat menimbulkan gangguan serius, bahkan mengancam nyawa.

Kunci untuk mencegah terjadinya stroke adalah menjaga suplai darah ke otak tetap lancar. Dengan latihan aerobik secara rutin, kesehatan pembuluh darah dan jantung dapat terjaga. Sehingga risiko stroke pun lebih kecil.

5. Meningkatkan mood

Layaknya aktivitas fisik atau olahraga lainnya, latihan aerobik juga dapat memicu pengeluaran hormon yang memunculkan rasa senang. Oleh sebab itu, latihan ini dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi kecemasan.

Sebuah penelitian melaporkan bahwa latihan aerobik ringan selama 30 menit memang dapat meningkatkan suasana hati. Salah satunya, Anda dapat berjalan di treadmill. Tidak butuh waktu lama untuk merasakan efeknya, peningkatan suasana hati bahkan dapat langsung dirasakan hanya dengan satu latihan saja.

Anda tidak perlu melakukan latihan aerobik dengan intensitas tinggi. Dalam intensitas ringan atau sedang pun, manfaatnya sudah dapat dirasakan.

Melakukan latihan aerobik secara teratur, setiap hari, dapat membantu badan Anda tetap sehat dan bugar. Dengan demikian, tentu risiko terserang berbagai penyakit pun menjadi lebih rendah.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*