Penyakit

Pijat Prostat, Terapi yang Diklaim Mampu Atasi Masalah Seksual

Ada banyak persoalan terkait organ reproduksi pria, mulai dari adanya rasa nyeri saat ejakulasi hingga disfungsi ereksi. Sebagian pria menyatakan bahwa persoalan mereka teratasi setelah menjalani pijat prostat.

Pijat prostat, prosedur apakah itu?

Pijat prostat tentu saja merupakan prosedur pijat yang dilakukan pada prostat pria. Kelenjar prostat pria terletak di depan dubur, antara kandung kemih dan penis, oleh sebab itu untuk melakukan prosedur pijat prostat, dokter akan memasukkan jari ke dubur pasien untuk memijat bagian prostat.

Tindakan pijat prostat ini ditujukan untuk peningkatan kualitas seksualitas seseorang. Klaim manfaat dari pijat prostat ini sebagian besar merupakan laporan masyarakat atau anekdotal. Penelitian ilmiah terkait hal ini masih sangat sedikit.

Minimnya penelitian ilmiah membuat prosedur ini masih menjadi kontroversi. Tidak mudah juga menemukan dokter yang menyediakan prosedur pijat prostat.

Klaim manfaat pijat prostat

Meski masih diperlukan penelitian lebih lanjut, namun cukup banyak klaim manfaat terkait pijat prostat ini.

1. Membantu membersihkan saluran prostat

Di antara prostat dengan sistem reproduksi dan kemih pria, terdapat saluran. Memijat bagian prostat dipercaya menghasilkan cairan tertentu. Itu sebabnya, pijat prostat dianggap mampu membantu membersihkan saluran prostat.

2. Mengatasi rasa sakit ketika ejakulasi

Pria dapat mengalami rasa sakit ejakulasi karena saluran reproduksi terhambat. Seperti disebutkan sebelumnya, pijat prostat dapat membantu membersihkan saluran prostat yang dapat meredakan sumbatan tersebut.

Oleh sebab itu, tindakan pijat prostat diyakini dapat mengatasi rasa sakit saat ejakulasi.

3. Membantu menangani disfungsi ereksi

Konon, banyak pria yang melakukan stimulasi dan pijat prostat untuk mengatasi masalah disfungsi ereksi, yaitu suatu kondisi di mana pria sulit mempertahankan ereksi penis.

Masih cukup banyak pria yang mengkombinasikan berbagai perawatan disfungsi ereksi lain dengan pijat prostat. Perawatan lain yang dapat dilakukan, antara lain penggunaan obat-obatan, pompa, dan implan.

4. Membantu melancarkan aliran urine

Saluran kencing atau uretra dikelilingi oleh kelenjar prostat. Pembengkakan atau peradangan yang terjadi pada prostat dapat menekan saluran uretra, sehingga mengganggu atau menghambat aliran urine.

Jika pijat prostat dapat memberikan hasil yang diharapkan, maka pembengkakan kelenjar prostat dapat diatasi dan aliran urine pun lancar kembali.

5. Mengatasi prostatitis

Prostatitis merupakan suatu peradangan yang terjadi pada kelenjar prostat. Dahulu, pijat prostat sering digunakan sebagai perawatan prostatitis. Namun, kini perawatan prostatitis tak lagi memanfaatkan prosedur pijat tersebut, melainkan menggunakan antibiotik.

Apakah pijat prostat aman?

Apabila Anda akan menjalani pijat prostat, pastikan prosedur tersebut dilakukan oleh tenaga profesional yang terlatih. Sebab jika dilakukan oleh tenaga yang tidak terlatih dapat membahayakan sistem reproduksi pasien.

Sebagai contoh, memijat prostat terlalu keras atau terlalu banyak memberikan tekanan, justru dapat memunculkan gejala dari gangguan yang dialami pasien. Tidak tertutup kemungkinan, prosedur yang kurang tepat malah memicu masalah baru.

Karena klaim manfaat pijat prostat masih bersifat anekdotal dan penelitian ilmiah terkait prosedur ini masih sangat minim, maka Anda perlu benar-benar mendiskusikannya dengan dokter jika ingin menjalani prosedur ini. Tanyakan kepada dokter segala manfaat dan risiko yang mungkin timbul.

Sebaiknya, Anda juga berdiskusi dengan dokter terkait alternatif terapi atau perawatan selain pijat prostat. Jenis perawatan lain yang lebih minim risiko dan didukung dengan data khasiat berdasarkan penelitian ilmiah.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*