Rekomendasi Makan Sehat untuk Vitamin Hati yang Optimalkan Fungsi Organ Ini

sumber vitamin hati yang baik bagi kesehatan organ hati

Hepatitis, sirosis hati, perlemakan hati, dan penyakit liver lainnya dapat dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat. Jika Anda masih khawatir akan risiko mengalami liver, memenuhi kebutuhan vitamin hati tidak ada salahnya. Rekomendasi asupan makanan untuk vitamin hati ini dapat dengan mudah Anda olah dan konsumsi. Tidak repot, tapi dapat optimalkan fungsi organ hati. Mari simak rekomendasi vitamin hati berikut!

Rekomendasi makanan sehat untuk vitamin hati

  • Vitamin E

Mungkin Anda lebih mengenal manfaat vitamin E untuk kesehatan kulit. namun, nyatanya vitamin E dapat menjadi vitamin hati yang sudah larut dalam lemak. Di dalam vitamin E terkandung zat antioksidan yang berfungsi untuk melindungi sel dari radikal bebas. Tanpa Anda sadari, radikal bebas yang diserap tubuh jika tidak dikendalikan dapat memicu stres oksidatif, sehingga menyebabkan timbulnya penyakit kronis, seperti kanker dan jantung. 

Hal ini dikuatkan oleh hasil penelitian yang menyebutkan bahwa efek antioksidan vitamin E dapat menurunkan stres oksidatif pada penyakit akibat perlemakan hati non-alkoholik. Sumber vitamin E dapat Anda peroleh dari makanan berikut ini:

  1. Alpukat
  2. Mangga
  3. Kiwi
  4. Paprika merah
  5. Kacang tanah
  6. Biji bunga matahari
  7. Kacang almond
  8. Kacang Brazil
  • Vitamin C

Jika biasanya Anda mendengar fungsi vitamin C untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, vitamin ini juga berperan sebagai vitamin hati. Cara kerja vitamin C ini serupa dengan vitamin E, yang mengendalikan radikal bebas, sehingga tidak memicu stres oksidatif. Seseorang yang kekurangan vitamin C berisiko mengalami penyakit perlemakan hati non-alkohol dan steatohepatitis non-alkohol. Sumber vitamin C dapat Anda peroleh dengan mudah dari makanan ini:

  1. Jeruk
  2. Stroberi
  3. Pepaya
  4. Lemon
  5. Brokoli
  6. Paprika kuning
  7. Kiwi
  8. Jambu biji
  • Vitamin D

Vitamin D merupakan salah satu sumber bagi vitamin hati. Beberapa orang menyebut vitamin D sebagai vitamin matahari, karena memang vitamin ini didapatkan tubuh dari terkena paparan sinar UV. Vitamin D bersifat larut lemak yang kemudian disintesis oleh tubuh. 

Dalam sebuah jurnal Nutrients, disebabkan bahwa seseorang yang kekurangan vitamin D sering kali dikaitkan dengan penyakit perlemakan hati non-alkohol. Dengan memenuhi kebutuhan vitamin D dalam tubuh, penyakit kerusakan hati tersebut dapat diatasi. 

Sumber vitamin D dapat Anda peroleh dari beberapa jenis makanan, seperti ikan makarel, salmon, herring, sarden, minyak ikan cod, dan juga kuning telur.

  • Vitamin B12 dan B9

Jenis vitamin B, seperti vitamin B12 yang merupakan kobalamin dan vitamin B9 (folat), sering kali dikaitkan dengan fungsi dan kinerja organ hati. Dalam sebuah hasil penelitian yang dimuat dalam jurnal Nutrients, disebutkan bahwa kekurangan dua zat tersebut, folat dan kobalamin, dapat memperparah penyakit steatohepatitis non-alkohol. 

Meskipun begitu, memang masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengonfirmasi dan menguatkan hasil penelitian yang sudah ada, mengenai manfaat kobalamin dan folat sebagai vitamin hati. Tentunya, Anda tetap harus mencukupi kebutuhan dua zat penting ini untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

Sumber vitamin B12 dapat Anda peroleh dari ikan sarden, tuna, kerang, dan organ hati hewan. Sedangkan, vitamin B9 dapat Anda peroleh dengan mengonsumsi telur, sayuran hijau, buah sitrus, dan brokoli.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*