Hidup Sehat

Sederet Manfaat Daun Jinten untuk Kesehatan

Memiliki nama lain Plectranthus Ambonicus, daun jinten sudah lama dimanfaatkan sebagai tanaman obat secara khusus dalam pengobatan tradisional. Manfaat daun jinten diklaim mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit, salah satu khasiat didapat dari kandungan senyawa penting dan metabolik sekunder yang ada di dalamnya.

Terdapat juga beragam senyawa penting yang terkandung di dalam daun, seperti flavonoid, glikosida, fenol, tanin dan steroid. Selain itu, daun jinten juga memiliki nama lain karena ketika dilumatkan akan mengeluarkan aroma mint dan disebut dengan mexican mint. Untuk mendapat beragam manfaat dari daun ini perlu diperhatikan beberapa hal yang cukup penting.

Manfaat Daun Jinten

Kandungan nutrisi daun ini terbilang lengkap, di antaranya air, protein, lemak dan karbohidrat hingga sejumlah mineral penting bagi tubuh. Mineral itu seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium, zinc, mangan, tembaga dan selenium. Berikut beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari daun jinten.

  • Kontrol Diabetes

Manfaat pertama yang bisa didapatkan lewat ekstrak daun ini, salah satunya dipakai untuk mengatasi diabetes. Daun ini dianggap mampu menurunkan kadar gula darah, sehingga bisa dijadikan untuk antidiabetes, lebih tepatnya membantu mempercepat penyembuhan luka dan menurunkan risiko infeksi serta komplikasi.

Untuk mendapatkan manfaat ini bisa dengan memakai ekstrak daun jinten, yang menurut penelitian tak hanya mampu untuk menurunkan kadar gula darah tetapi juga meningkatkan kondisi pankreas.

Seain itu juga dapat untuk menurunkan kolesterol total dan trigliserida pada penderita diabetes, sebaliknya kadar kolesterol baik (HDL), total protein dan kalsium juga meningkat secara signifikan.

  • Atasi Gangguan Pernapasan

Daun jinten bisa dimanfaatkan untuk mengobati segala jenis batuk, bronkitis, sakit tenggorokan. Flu dan hidung tersumbat hingga asma kronis. Hanya dengan mengonsumsi rebusan teh daun jinten, maka beberapa penyakit gangguan pernapasan tersebut bisa diatasi. Selain dibuat teh, daun jinten yang dikunyah juga bisa melegakan pernapasan.

  • Mengobati Penyakit Kulit

Manfaat satu ini cukup populer dan bisa didapatkan dari daun jinten, yakni mengatasi berbagai penyakit kulit. Daun ini memiliki fungsi sebagai antibakteri dan antiradang, sehingga bisa digunakan untuk mengobati eksim, psoriasis, ketombe dan lain sebagainya. Selain itu, daun jinten juga bermanfaat untuk mengatasi gigitan serangga.

  • Atasi Gangguan Pencernaan

Ramuan daun jinten juga bisa mengobati beragam masalah pencernaan, mulai dari sariawan di mulut, luka di lambung, infeksi usus dan perut, perut kembung, cacingan, mual hingga muntah. Bisa dikonsumsi dengan membuatnya sebagai teh daun jinten, senyawa-senyawa di dalam daun ini dipercaya mampu melancarkan dan menenangkan pencernaan.

Masalah Kesehatan Lain

Di samping berbagai masalah kesehatan di atas yang bisa diatasi dengan daun jinten, banyak manfaat lain yang baik kesehatan untuk tubuh. Berikut beberapa masalah kesehatan lain yang bisa diatasi dengan memanfaatkan daun jinten.

  • Menurunkan demam, mengatasi sakit kepala, meredakan nyeri, meningkatkan penglihatan, meredaka stres hingga kecemasan.
  • Meningkatkan kesehatan ginjal, meringankan rematik, meningkatkan aktivitas antimikroba, antijamur dan antibakteri.
  • Mencegah penyakit kardiovaskuler, berpotensi menghambat perkembangan sel kanker hingga meringankan nyeri haid.

Manfaat daun jinten memang beragam dan termasuk banyak, tetapi masih diperlukan studi lebih lanjut terutama klaim potensi antikanker. Kebanyakan penelitian terhadap daun jinten juga masih tebatas pada hewan atau baru dilakukan dalam skala kecil. Selain itu, penelitian lebih lanjut juga diperlukan untuk membuktikan manfaat dauni ini untuk pengobaatan secara terapeutik.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*