Hidup Sehat

Tips Keamanan Makanan Saat Liburan

Saat merayakan liburan tahun baru, semua orang mungkin ingin bersenang-senang. Terlebih lagi, bila Anda gemar mencicipi makanan khas di lokasi liburan. Namun sayangnya, tidak semua makanan ternyata baik bagi kesehatan. Ikuti tips sederhana berikut ini untuk menjaga kesehatan keluarga dari bahaya keracunan makanan atau penyakit saat berwisata kuliner di tempat liburan.

1. Rajin Mencuci Tangan

Pastikan untuk mencuci tangan dengan sabun dan membilasnya di bawah air yang mengalir. Terutama sebelum bersantap atau menyiapkan makanan, setelah menyentuh daging mentah, telur mentah, atau sayuran yang tidak dicuci, atau sehabis menggunakan toilet. Sering mencuci tangan merupakan langkah awal untuk menjaga kesehatan selama berlibur.

2. Mengonsumsi Makanan yang Matang

Bahan makanan seperti daging, unggas, makanan laut, dan telur dapat membawa kuman yang menyebabkan keracunan makanan. Pastikan makanan ini dimasak hingga matang, terutama daging steak atau daging panggang, yang harus didiamkan selama 3 menit setelah dikeluarkan dari oven. Kemudian, hindari memakan telur mentah yang berpotensi mengandung bakteri salmonella. Beberapa makanan yang mengandung telur mentah dan sebaiknya dihindari atau dibatasi termasuk eggnog, tiramisu, saus hollandaise, dan saus Caesar.

3. Hati-hati Mengonsumsi Kue

Alasan kuat menghindari kue tertentu selama liburan adalah bahan adonannya yang berasal dari tepung dan telur, dan berpotensi mengandung bakteri Escherichia coli (E. coli) atau salmonella. Adonan apa pun yang tidak dipasteurisasi seperti cookies, pie, biskuit, pancake, tortilla, pizza, atau cupcake, bisa membuat perut anak sakit. Sementara waktu, hindari dahulu kue di restoran atau hotel, dan pilihlah jenis makanan lain yang lebih sehat.

4. Memisah Makanan

Bila Anda menyewa vila yang dilengkapi dapur dan lemari es, sebaiknya simpan bahan makanan dengan baik. Simpanlah telur di kompartemen khusus pada bagian pintu kulkas. Sementara itu, makanan seperti daging atau ikan sebaiknya dibungkus atau ditempatkan dalam wadah tertutup, agar aromanya tidak mengontaminasi buah dan sayuran. Daging harus dinormalkan dahulu ke suhu ruang atau disiram air dingin sebelum dimasak, untuk mencegah perkembangan kuman.

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Saat Liburan

Wanita hamil sepuluh kali lebih berpotensi terinfeksi kuman atau bakteri berbahaya dari makanan yang kurang higienis. Pelajari langkah-langkah berikut ini untuk mencegah penyakit dari kuman atau bakteri Listeria.

1. Hindari Susu, Keju atau Produk Mentah yang Tidak Dipasteurisasi:
Contohnya seperti keju lunak, keju Hispanik atau susu sapi mentah. Sebab, produk ini dapat mengandung kuman Listeria yang berbahaya. Hindari juga jus atau sari buah mentah.

2. Waspadai Seafood:
Cermati kandungan merkuri yang bisa berbahaya terhadap kesehatan janin. Selain itu, hindari makanan laut asap yang sudah dibekukan. Alternatifnya, pilih seafood dalam kemasan kalengan.

3. Hindari Minuman Beralkohol:
Apa pun alasannya, liburan bukan berarti mengabaikan kesehatan diri sendiri dan janin. Mengonsumsi semua jenis alkohol dapat memengaruhi perkembangan buah hati. Hindari minuman apa pun yang mengandung alkohol atau berbahan telur dan susu seperti eggnog.

Selamat menikmati liburan tahun baru dan selalu jaga kesehatan Anda.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*