Yuk Ketahui, 4 Tips Mudah Membeli Kacamata Online

Selain untuk membantu penglihatan Anda yang buram, kacamata juga sering dijadikan sebagai fashion untuk mempercantik penampilan. Di masa pandemi ini, tentu membuat Anda was-was untuk membeli kacamata langsung ke optik terdekat, sehingga memutuskan untuk beli secara online. Namun, tidak semua orang bisa menemukan kacamata yang cocok ketika tidak mencobanya langsung. Oleh sebab itu, ada beberapa tips yang bisa membantu Anda membeli kacamata online dengan aman.

beli kacamata
  1. Periksa kembali resep dan jarak pupil mata.

Hal pertama yang harus Anda persiapkan sebelum membeli kacamata online adalah resep kacamata saat ini. Penjual kacamata secara online tidak akan menyediakan fasilitas pemeriksaan minus, plus, silindris, ataupun jarak pupil mata Anda. Jika Anda adalah orang yang mudah lupa, resep kacamata bisa dicatat atau difoto begitu mendapatkannya, agar tidak hilang. Seringkali, orang-orang menyimpan resep kacamata yang telah lama, sehingga butuh melakukan pemeriksaan ulang kembali ke dokter mata.

  • Cari frame yang sesuai dengan bentuk wajah Anda.

Bentuk kacamata yang tidak pas dengan wajah pastinya membuat Anda tidak nyaman. Ada yang memiliki bentuk wajah hati, bulat, oval, atau persegi, sehingga penting untuk mencari bingkai kacamata yang cocok dengan bentuk wajah Anda. Umumnya, wajah berbentuk bundar kurang cocok menggunakan frame ovular. Jika wajah Anda lebih bersudut, maka cocok menggunakan frame kacamata yang lebih bulat. Setelah menentukan jenis frame yang sesuai, Anda bisa memilih warna dan ukuran yang pas dengan wajah. Pada dasarnya, pemilihan frame kacamata kembali ke selera masing-masing.

  • Pilih jenis lensa.

Setelah Anda menemukan frame yang sesuai, selanjutnya pilihlah jenis lensa yang ingin Anda gunakan. Saat membeli kacamata secara online, maka penjual juga akan memberikan pilihan jenis lensa mana yang ingin Anda gunakan. Beberapa pilihan lensa kacamata yang tersedia mulai dari:

  • Lensa index, yaitu lensa standar hanya terdiri atas minus, plus, dan silinder.
  • Photochromic, yaitu lensa minus, plus, dan silinder yang dapat berubah warna menjadi gelap jika terkena sinar matahari agar tidak silau.
  • Blue control, yaitu lensa minus, plus, dan silinder dengan anti radiasi untuk gadget dan komputer.
  • Blue chromic, yaitu kombinasi lensa index, photochromic, dan blue control.
  • Progressive, yaitu lensa gabungan minus dan plus.
  • Sunglasses lens color, yaitu jenis-jenis lensa di atas dijadikan kacamata hitam atau sunglasses. 

Semakin banyak pilihan kombinasi lensa yang Anda pilih, maka semakin banyak biaya yang Anda keluarkan. Tentunya, semakin nyaman Anda menggunakan kacamata.

  • Kacamata siap dipesan.

Setelah Anda memutuskan pilihan lensa dan frame yang diinginkan, maka Anda siap melakukan pemesanan ke seller. Pastikan sebelum penjual memproses pesanan Anda, ukuran lensa dan bentuk frame sudah sesuai dengan yang diinginkan. Selain itu, Anda juga bisa memilih paket pengiriman kilat atau standar. Kacamata siap membantu penglihatan Anda menjadi lebih baik.

Catatan dari SehatQ Inilah 4 tips membeli kacamata online dengan mudah untuk membantu Anda menemukan kacamata yang nyaman saat digunakan. Selain online, Anda tetap bisa melakukan pembelian kacamata secara langsung ke optik dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Hanya saja, pembelian secara offline belum tentu menyediakan berbagai variasi frame kacamata yang up to date dibandingkan online. Namun, Anda bisa melakukan pemeriksaan mata langsung tanpa harus pergi ke dokter mata. Masing-masing tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya, tinggal Anda sebagai konsumen yang harus cerdas dalam memilih penjual kacamata yang terpercaya.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*